STRATEGI PEMASARAN UNIVERSITAS XYZ (STUDI KASUS PADA PROGRAM D3 DAN S1)

Safiani Annie Faaroek

Abstract


Abstract

The aim of this research is to find out; (a) the type of promotion mix done by the Bureau of Public Relations of the University of XYZ to attract prospective students in larger quantities, (b) a marketing strategy in order to encourage the student body is defined. The method used in this research is a case study with a qualitative descriptive analysis, to analyze the implementation of the promotional mix implemented by the University of XYZ with interest; (a) determine the level of growth and where a university position in industry competition, (b) where are you going development, (c) and how. The analysis shows that the mix promotion activities carried out by XYZ University is advertising (television, banners, posters, brochures, newspapers and magazines), sales promotion (fairs, discounts and scholarships) and private sales (sales presentation). Furthermore, in the analysis of the matrix PLC are in position number 10 boxes or growth with the favorable competitive position. Then, in the analysis of the macro environment - micro, strength and greater opportunities than the weaknesses and obstacles. By looking at the growth rate reached an average of 42.9% within seven (7) years, and the relative market share of 36.15% and 3.8% absolute market share recommend the most appropriate marketing strategy is market penetration selective.

            

Keywords : growth, favorable, penetrasi, place

 

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui; (a) jenis bauran promosi yang dilakukan oleh Biro Humas Universitas XYZ untuk menjaring calon mahasiswa dalam jumlah yang lebih besar, (b) strategi pemasaran untuk dapat mendorong student body yang ditetapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi kasus dengan analisis kualitatif-deskriptif, untuk menganalisa pelaksanaan bauran promosi yang diterapkan oleh Universitas XYZ dengan tujuan; (a) mengetahui tingkat pertumbuhan dan dimana posisi universitas dalam persaingan industrinya, (b) mau kemana pengembangannya, (c) dan bagaimana caranya. Hasil analisa menunjukkan bahwa kegiatan bauran promosi yang dilakukan oleh Universitas XYZ adalah periklanan (televisi, spanduk, poster, brosur, surat kabar dan majalah), promosi penjualan (pameran, diskon dan beasiswa) dan penjualan pribadi (presentasi penjualan). Selanjutnya dalam analisa matrik PLC berada pada posisi kotak nomor 10 atau growth dengan posisi bersaing pada favorable. Kemudian dalam analisa Lingkungan makro – mikro, kekuatan dan peluang lebih besar dari pada kelemahan dan hambatan. Dengan melihat tingkat pertumbuhan yang mencapai rata-rata 42,9% dalam waktu 7 (tujuh) tahun terakhir, dan pangsa pasar relatif 36,15% maupun pangsa pasar absolut 3,8% maka direkomendasikan strategi pemasaran yang paling tepat adalah penetrasi pasar secara selektif.                                                                                                                                                             

Kata kunci : pertumbuhan, keuntungan, penetrasi, tempat

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Basu Swasta DH dan Irawan, (1984), Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Keempat, Yogyakarta, Liberty.

Djaslim Saladin, (1991), Unsur-unsur Inti Pemasaran dan Manajemen Pemasaran, Penerbit Bandar Maju, Bandung, 1991.

Fandy Tjiptono, (1999), Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Yogyakarta.

Kotler P & Anreasen, (1996), Strategi Pemasaran untuk organisasi nirlaba, Edisi Ketiga, Gajah Mada Universsity Press, 1996.

Kotler P & Gary Amstrong, (1997), Dasar-Dasar Pemasaran, Terjemahan Alexander Sindoro, Jilid 2, Jakarta, Prehalindo.

Kotler P, and Gary Armstrong, (1996), Principles of Marketing, Seventh Edition, Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New Jersey.

Kotler P, Manajemen Pemasaran, (1990), Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol, Terjemahan Jaka Wisana, Edisi ke-tujuh, Jilid-1, Erlangga Jakarta.

Kotler P, (1991), Marketing management : Analysis, Planning, Implementations, and Control, 7th aditions, Prentice-Hall International, Inc, Englewood Cliffs New Jersey.

Kotler P, (1998), Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan Implementasi, dan Kontrol, Edisi 9, Terjemahan; Alih Bahasa Hendra Teguh, dan Ronny A Rusli, Jilid II, PT Prenhallindo, Jakarta.

Rangkuti, F, (1997), Riset Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama.

Sujono Siswanto, (1998), Kerangka Dasar Manajamen Pemasaran, Edisi Pertama, LPPM dan PT. Pustaka Binaman Presindo.

Supranto J, (1996), Statistik, Teori dan Aplikasi, Jilid II, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1996.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]