EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BLOG DALAM PEMBELAJARAN

Mulyo Wiharto

Abstract


Abstrak

Penulisan artikel yang terdapat dalam blog mata kuliah bukan hanya untuk memenuhi bahan ajar namun diunakan juga sebagai bahan ajar tambahan atau tugas-tugas untuk mahasiswa.  Jumlah artikel dosen yang diposting ke dalam blog dosen melebihi artikel yang diposting ke dalam blog mata kuliah berupa bahan pengayaan sebagai tambahan bahan ajar utama dan artikel-artikel lain yang sesuai dengan bidang peminatan dosen. Jumlah pengunjung (visitor) dan kunjungan (visit) di blog mata kuliah relatif banyak, namun jumlah pengunjung blog dosen lebih banyak dibandingkan dengan blog mata kuliah, demikian pula dengan jumlah kunjungan (visit) ke blog dosen.

 

Kata kunci : efekvitas, manfaat, blog mata kuliah, blog dosen, visitor blog, visit blog


References


Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta : Balai Pustaka, 2008).

Hermawan, Eric, Hubungan Sikap terhadap Metoda Elearning dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Esa Unggul, (Jakarta: 2009).

Kristiyanti, Mariana, Blog sebagai Alternatif Media Pembelajaran, (Semarang : Unaki, 2011)

Lilik Gani, “E-learning Pendayagunaan TIK untuk Pemerataan Akses dan Peningkatan Mutu Pendidikan”, Bahan Presentasi Seminar Nasional E-Learning UI (Jakarta : 2006).

Noor, Dharma Andrinandra, http://dharmabelimbing.blogspot.com/2012/03/konsep-efektivitas-dalam-pembelajaran.html diakses pada tanggal 25 Agustus 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.