MODEL PURCHASE INTENTION SEBAGAI INTERVENING VARIABLE DARI KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ONLINE SHOP

R.A. Nurlinda

Abstract


Abstract

The purpose of this research to determine the effect of trust, ease of use, quality of information on purchasing decisions in the online shop through purchase intention. This research is a type of quantitative research conducted by survey. Data collection techniques used in this study with a questionnaire method (questionnaire) are spread online. The sample of this research is the entire people of Jakarta who have made purchases in the online shop. The number of samples in this study as many as 100 respondents. The sample technique used is non probability sampling, with purposive sampling method. The analysis used in this research is to test pretest by using validity test and reliability test, while to test hypothesis by using path analysis. The results showed that trust, ease of use and quality of information a positive and significant influence on purchase intention. In this research the trust, ease of use, quality information, purchase intention positive and significant influence on purchasing decisions in the online shop. From this study also proved that purchase intention is a variable intervening from the influence of trust, ease of use and quality of information on purchasing decisions in the online shop.

 

Keywords: buying decision,purchase interest,trust

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan, kualitas informasi mengenai keputusan pembelian di toko online melalui niat beli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode kuesioner (kuesioner) tersebar secara online. Sampel penelitian ini adalah seluruh masyarakat Jakarta yang telah melakukan pembelian di toko online. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling, dengan metode purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menguji pretest dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, kemudahan penggunaan dan kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Dalam penelitian ini kepercayaan, kemudahan penggunaan, kualitas informasi, niat pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di toko online. Dari penelitian ini juga terbukti bahwa niat beli adalah ada kaitan dengan kepercayaan, kemudahan penggunaan dan kualitas informasi mengenai keputusan pembelian di toko online.

 

Kata kunci: keputusan pembelian, minat beli, kepercayaan


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adi Triatma. (2012). Pengaruh Trust dan Penerimaan Teknologi terhadap Minat Konsumen dalam Pemeblian Online (Studi kasus www.kaskus.us) APJII (2014). Daftar Pengguna Internet Indonesia.

Adityo, Benito & Khasanah, imroatul. (2011). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian online Disitus Kaskus. Repository Jurnal Universitas Diponegoro.

Ardyanto, Denni & Susilo, Riyadi. (2015). “Pengaruh Kemudahan dan kepercayaan menggunakan ECommerce terhadap keputusan pembelian online”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 22 No. 1 Mei 2015.

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: AComparation of Two Theoretical Models. Jurnal Management Science.

Davis, Fred D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived ease of use of Information Technology. Management Information System Quarterly.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Joseph F. et al. (2010). Multivariate Data Analysis A Global Perspective. Seventh Edition. Pearson.

http://bacaanku.com/51-website-jual-beli-paling-aman-dan-ramai-di-indonesia diakses pada tanggal 20 Februari 2016, pukul 20.30 WIB.

Lee, H.G. (1998). Do Electronic Marketplaces Lower The Prices of Goods?.Communications of The ACM.

Luh Alviolita Kusuma Nusarika. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan dan Orientasi Belanja terhadap Niat Beli Secara Online (Studi pada Produk Fashion Online di Kota Denpasar)

Mayer, R.C., Davis, J.H., Schoorman, F.D. (1995). “An Integrative Model of Organizational Trust”. Academy of Management Review.

McLeod, R dan Schell, G. P. (2004). Management Information Systems. Ninth Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Pavlou, PA. (2003). Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust And Risk With Technology Acceptance Model. “International Journal of Electronic Commerce. Spring.

Purbo, Onno W. (2000). Mengenal E-Commerce. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Tika Dian Alfatris. (2014). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk, dan Kepercayaan (Trust) Terhadap Minat Beli K-Pop (Korean Pop) Album dengan Sistem Pre Order secara Online (Studi Pada Online Shop Kordo Day Shop (CORP) Semarang).

Venkatesh, V., and Davis, F.D. (2000). A Theoritical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science. Vol.46.

Widodo. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Surakarta: LPP UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS.

Yoon C. Cho. (2012). Exploring Factors That Affect Usefulness, Ease Of Use, Trust, And Purchase Intention In The Online Environment.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.