PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY GREEN CORRIDOR INITIATIVE TERHADAP CITRA PERUSAHAAN CHEVRON INDONESIA (SURVEY PADA ANGGOTA KOMUNITAS ONLINE GREENWEB INDONESIA)

Sahira Humaira

Abstract


Abstract

Companies required to create a good corporate image in order to get trust from the external publics. The purpose of this study was to determine the relationship and the influence between corporate social responsibility Green Corridor Initiative program with the corporate image of Chevron Indonesia. This type of research is explanatory associative using Pearson Product Moment and simple linear regression and quantitative approaches by questionnaire. The results showed that there is a fairly strong relationship between corporate social responsibility Green Corridor Initiative program with the corporate image of Chevron Indonesia, which is the value is at 0.448. In addition, the implementation effectiveness of corporate social responsibility Green Corridor Initiative program by the company have been effective where the value is at 3.522. Similarly, the corporate image of Chevron Indonesia got a high value at 3.81. The effect of variable x to variable y is at 0.448. Suggestions from the authors are Chevron can further enhance the economy of local communities and increase the number of beneficiaries.

 

Keywords: corporate social responsibility, image, corporate image.

 

Abstrak

Citra yang baik di mata stakeholder merupakan investasi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara program corporate social responsibility Green Corridor Initiative dengan citra perusahaan (corporate image) pada Chevron Indonesia. Tipe penelitian ini adalah eksplanatif asosiatif menggunakan Pearson Product Moment serta regresi linear sederhana dan pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara program program corporate social responsibility Green Corridor Initiative dengan citra perusahaan (corporate image) pada Chevron Indonesia, yang berada di nilai 0,448. Selain itu, efektifitas pelaksanaan program corporate social responsibility Green Corridor Initiative yang dilakukan perusahaan sudah efektif dimana berada pada nilai 3,522. Sama halnya dengan citra perusahaan Chevron Indonesia yang tinggi yaitu berada pada nilai 3,81. Untuk pengaruh variabel x terhadap variabel y sebesar 0,448. Saran yang penulis sampaikan yaitu agar Chevron Indonesia dapat lebih meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan meningkatkan jumlah penerima manfaat dari program tersebut.

 

Kata kunci: corporate social responsibility, image, corporate image


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anonim, (2013). Profil Chevron Indonesia. Diakses 9 Juli 2013 dari http://www.chevronindonesia.com/about/.

Ardianto, Elvinaro. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Jonathan, Sarwono. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif.Yogjakarta: Graha Ilmu.

Mattila, Merita. (2009). Corporate Social Responsibility and Image in Organizations: for The Insiders or The Outsiders?. Social Responsibility Journal.5(4).540-549.

Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam. (2012). Komunikasi dan Public Relations. Jakarta: Pustaka Setia.

Priyatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20.Yogjakarta: Andi.

Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Buku 1 Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Solihin, Ismail. (2009). Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2009). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini dan Purnomo. (2006). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Virvilaite, Regina dan Ugne Daubaraite. (2011). Corporate Social Responsibility in Forming Corporate Image. Engineering Economics Journal.22(5).534-543.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.