MENUMBUHKAN MINAT MENJADI WIRAUSAHA SOSIAL PADA REMAJA MELALUI MATA KULIAH KEWIRAUSAHAANSTUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Nina Nurhasanah

Abstract


Abstract

Entrepreneurs have an important role in economic growth in a country, the growth of entrepreneurship in Indonesia makes the absorption of manpower, improving the welfare of the community and increasing government tax revenue increases. The brilliant idea to build a business as well as help the surrounding community become the main concern of social entrepreneurs. Concern for the surrounding environment to create entrepreneurship now engaged in social business, a variety of brilliant business ideas and out of the box popping up in the present can not be separated from the creativity of teenagers. Starting from the awareness of the surrounding environment and the desire to go together to become better make teenagers creative thinking to build a business that concerns the public awareness without ruling out its income. The research method used questionnaires to students who conducted before and after attending Entrepreneurship lectures at Esa Unggul University. The result is the interest of students to become a social entrepreneur increases.

 

Keywords: entrepreneurs, social entrepreneurs, teenagers.

 

Abstrak

Wirausaha memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di suatu negara, pertumbuhan wirausaha di Indonesia membuat penyerapan tenaga kerja, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan pendapatan pajak pemerintah meningkat. Ide cemerlang untuk membangun suatu usaha sekaligus membantu masyarakat sekitar menjadi konsen utama para wirausaha sosial. Kepedulian terhadap lingkungan sekitar membuat wirausaha sekarang bergerak dibidang usaha sosial, beragam ide usaha yang cemerlang dan out of the box bermunculan di masa kini tak lepas dari kreatifitas remaja. Mulai dari kepedulian lingkungan sekitar dan keinginan maju bersama untuk menjadi lebih baik menjadikan remaja berfikir kreatif untuk membangun usaha yang mementingkan kepedulian masyarakat tanpa mengesampingkan pendapatannya. Metode penelitian menggunakan cara kuesioner kepada mahasiswa yang dilakukan sebelum dan sesudah mengikuti perkuliahan Kewirausahaan di Universitas Esa Unggul. Hasilnya minat mahasiswa untuk menjadi wirausaha sosial meningkat.

 

Kata kunci:wirausaha, wirausaha sosial, remaja, kreatifitas.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

DBS, 4 Hal Inspiratif untuk Menebar Manfaat Wirausaha Sosial, https://www.dbs.com/indonesia-bh/blog/live-kind/4-hal-inspiratif-untuk-menebar-manfaat-wirausaha-sosial.page

Destianto, Luthfi, Kewirausahaan Sosial Solusi Kemiskinan di Indonesia, Kompasiana, 2015 https://www.kompasiana.com/luthfidestianto/kewirausahaan-sosial-solusi-kemiskinan-di-indonesia_552a44fd6ea8340f70552cfc

Firdaus, N. (2018). Pengentasan kemiskinan melalui pendekatan kewirausahaan sosial. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 22(1), 69-81.

Hawik Ervina Indoworo,Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Peran Sosial Media http://download.portalgaruda.org/article.php?article=481838&val=9746&title=Menumbuhkan%20Jiwa%20Wirausaha%20Melalui%20Peran%20Sosial%20Media

Haryanti, Dewi Meisari.Berani Jadi Wirausaha Sosial, DBS,https://www.dbs.com/iwov-resources/pdf/indonesia/social-good/Berani%20jadi%20SE-PORTRAIT-%2030%20Mar%202016-low.pdf

Intan, Ni Nengah Ayu, Masa Remaja adalah Masa Perubahan, Kompasiana, https://www.kompasiana.com/ayuin/masa-remaja-adalah-masa-perubahan_570dcb29347b611e05f99315

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sihombing, Josh, Hangga Nuarta, Apakah Kewirausahaan Sosial itu? Usaha Sosial Memberi Dampak Positif yang berkelanjutan, https://usahasosial.com/id/learn/apakah-kewirausahaan-sosial-itu/

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Luasnya Indonesia Jadi Tantangan Kewirausahaan Sosial, Kompas.com,https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/29/123000326/luasnya-indonesia-jadi-tantangan-kewirausahaan-sosial.

Tjahjono, H. K., & Ardi, H. (2008). Kajian niat mahasiswa manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk menjadi wirausaha.

Universitas Esa Unggul, Visi Misi Universitas Esa Unggulhttps://www.esaunggul.ac.id/visi-misi-2/

Utomo, H. (2015). Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Sosial. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 7(14).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]