ASUMSI-ASUMSI DASAR ILMU PENGETAHUAN SEBAGAI BASIS PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM

Ahmad Irfan

Abstract


Abstract

The basic  assumptions of science as the basis of Islamic education research.  The assumptions in the study of philosophy belong to ontology group, the chapter that discusses the nature that exists. To process the knowledge become the the science, It is necessary to conduct research and experiment using scientific method. The act of the assumptions as the guess to the empirical object to get the knowledge. It be done as the way or underlayer to the research before something in that punctual proved the right.The research as a tools to develop the knowledge which the product will find the new theories or the induction- consultation. As well, to develop the Islamic educations study, it needs to held the research.  The basic  assumptions of science as the basis of Islamic education research. This paper want to explain about the assumptions of the base in knowledge as the basic of Islamic education, it source from empiricism, rasionalism, intuition or revelation. Islamic educational research, include research philosophical knowledge of Islamic education, the mystical knowledge of Islamic research and science of Islamic education. Research in the sense of study of logic and mystic has been done by Islamic scholars. While research on the science of education that is empirical is still not widely practiced Islamic expert. While this study became the capital for the development of Islamic education science. From Islamic education research (science-empirical) it will emerge a theory which is further adapted to the theachings of Islam. That theory is what later called Islamic education science theory .

 

Keywords: assumption,  research, islamic education

 

Abstrak

Asumsi-asumsi dasar ilmu pengetahuan sebagai basis penelitian pendidikan Islam.Asumsi dalam kajian filsafat ilmu tergolong ke dalam kelompok ontologi, yaitu bab yang membahas tentang hakikat yang ada. Untuk mengolah pengetahuan menjadi ilmu pengetahuan (sains) perlu dilakukan penelitian dan eksperimen menggunakan metode ilmiah.  Asumsi berperan sebagai dugaan atau andaian terhadap objek empiris untuk memperoleh pengetahuan. Ia diperlukan sebagai arah atau landasan bagi kegiatan penelitian sebelum sesuatu yang diteliti tersebut terbukti kebenarannya.Penelitian merupakan alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang hasilnya akan menemukan teori-teori baru maupun induksi-konsultasi. Begitupun, dalam mengembangkan ilmu pendidikan Islam perlu diadakan penelitian. Asumsi-asumsi dasar ilmu pengetahuan sebagai basis penelitian Islam bersumberkan dari empirisme, rasionalisme, intuisi, maupun wahyu. Penelitian pendidikan Islam, mencakup penelitian terhadap pengetahuan filsafat pendidikan Islam, pengetahuan mistik Pendidikan Islam, dan Ilmu Pendidikan Islam. Penelitian dalam arti kajian logika dan mistik telah banyak dilakukan para ulama Islam. Sementara itu, kajian atau tepatnya penelitian terhadap ilmu Pendidikan yang bersifat empris dinilai masih belum banyak dilakukan pakar Islam. Sedangkan kajian dengan yang terakhir inilah menjadi modal bagi pegembangan ilmu pendidikan Islam.  Dari penelitian Ilmu Pendidikan Islam (sains yang empiris) itu akan mucul teori yang selanjutnya disesuaikan dengan ajaran Islam. Teori-teori itulah yang kelak disebut teori Ilmu Pendidikan Islam

 

Kata kunci : asumsi, penelitian, pendidikan islam


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bakker, Anton dan Ahmad Charris Zubair,(2009),Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Dewantara, Ki Hajar. Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Malis Luhur Taman Siswa, 1962.

Jalaludin. (2014).Filsafat Ilmu Pengetahuan, Filsafat, Ilmu Pengetahuan, dan Peradaban . Jakarta: Rajawali Pers.

Komara, Endang. (2011) Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Bandung: Reflika Aditama.

Lubis, Akhyar Yusuf. (2015).Filsafat Ilmu Klasik Hingga Kontemporer. Jakarta: Rajawali Press.

Muslih, Mohammad. (2005).Filsafat Ilmu (Kajian atas Asumsi Dasar Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan). Yogjakarta: Belukar.

Salam, Burhanudin. (1997).Logika Materiil, Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suriasumantri, Jujun S. (2007).Filsafat Ilmu sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pancaraninta.

--------------. (2001).Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Tafsir, Ahmad. (1995). Epistemologi untuk Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Gunung Ddjati.

________. (2012) Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Zuharini, dkk. (1992). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.