EVALUASI EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBELAJARAN BILINGUAL TERHADAP KESEMPURNAAN KOMUNIKASI SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR BUDI LUHUR PONDOK AREN

Oktavia Lendo, Fachmi Tamzil

Abstract


Abstract

This study was conducted to examine the effectiveness level of dwibahasas (Indonesian-English) Learning which emphasizes the basic nature of language skills that can be divided and open the nature of its integrity. Communicating using English is said to succeed if communication comes from the interaction of different components, and not from a single operation of a single language. Using a qualitative research approach on the effectiveness of the two-language learning process in communicating the second grade students sds Budi Luhur. Furthermore, in the discussion can be seen various implementation of the progambilingual planning made by the school on bilingual learning process and various activities that support bilingual program and the results achieved.

 

Keywords: bilingual, communication, effectiveness of learning outcomes.

 

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk melihat tingkat keefektifan dari Pembelajaran dwibahasas (Indonesia-Inggris) yang menekankan sifat dasar kemampuan berbahasa yang bisa dibagi-bagi dan buka sifat dasar keutuhannya.Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris dikatakan berhasiljika komunikasi berasal dari interaksi komponen-komponen berbeda, dan bukan dari operasi tunggal dari satu kemampuan berbahasa. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif mengenai efektifitas proses pembelajaran dua bahasa dalam berkomunikasi siswa kelas dua sds Budi Luhur. Selanjutnya dalam pembahasan dapat dilihat berbagai pelaksanaan dari perencanaan programbilingual yang dibuat oleh sekolah mengenai proses pembelajaran bilingual dan berbagai kegiatan yang menunjang program bilingual serta hasil yang dicapai.

 

Kata kunci : bilingual, komunikasi, efektifitas hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono.(2006)., Belajar dan Pebelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah, dan Zain. (2006), Strategi Belajar Mengajar, PT Asdi Mahastya, Jakarta.

http://www.apsihimpsi org/Artikel/Konsep-Bi-Lingual-dan Penanganannya.php

http://www.apsihimpsiorg/Artikel/Konsep-Bi-Lingual-dan Penanganannya.php-Colin Baker dan Sylvia Prys Jone (1998:464)

Ika Berdiati H, Saefudin Asis.(2014).Pembelajaran Efektif, Delta Buku, yogyakarta.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, N., (2010), Penilaian Hasil Proses Belajar-Mengajar, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sudjono, Anas. (2006).Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]