PENDEKATAN DAN METODE PEMBINAAN AKHLAK DI PANTI ASUHAN
Abstract
Abstract
Approach and method of building orphans in the orphanage which is the background of this writing is looking to see the reality of orphans originating from a socially problematic family that requires the handling of good sexual coaching from the parties Orphanage.Data collection is done using observation methods, interviews, documentation and look at the concrete facts that occur in the field. The analysis steps include data collection, data reduction, data presentation, and withdrawal of conclusions. The approach used is a psychological approach that is a more stressed approach to the experience of spiritual activities related to the responsive attitude and the attitude of adjusting to the world around which is the orphan in Al-Mubarok orphanage Tangerang City. While the research produces a joyous fact in accordance with its objectives: Regarding the approach used in Al-Mubarok orphanage is the legal approach of Jost, CBSA, group, PAIKEM, thematic, varied and educative approach, in Al-Mubarok using methods of habituation/Ta'widiyah, advice/Mau'idzah, SANGSI, , and the method of lecture, in the results that have been reached in the orphanage from the application of approaches and methods is as according to the recognition of Herman, Fitriyah, Amanda and Ratih is the obedience of worship and positive attitudes such as forgiving, honest, Confident, diligent, generous, and alumni successfully become employees, in government, entrepreneurs, teachers, Ustad/Ustadzah and there who managed to set up schools and pesantren in their respective region.
Â
Kata kunci: Methods, psychological approach, orphanage
Â
Abstrak
Yang melatar belakangi penulisan ini adalah ingin melihat kenyataan anak yatim yang berasal dari keluarga bermasalah sosial yang sangat memerlukan penanganan pembinaan akhlak yang baik dari pihak Panti-panti Asuhan.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan membandingkan pendekatan dan metode yang digunakan Panti tersebut, dan melihat fakta-fakta yang kongkrit yang terjadi dilapangan. Sedangkan penelitian tersebut menghasilkan fakta yang menggembirakan sesuai dengan tujuannya yaitu : Mengenai pendekatan yang digunakan di Panti Asuhan al-Mubarok adalah pendekatan Hukum Jost, CBSA, Kelompok, PAIKEM, tematik, bervariasi dan pendekatan educatif,di al-Mubarok menggunakan metode pembiasaan/ta’widiyah,nasehat/mau’idzah,sangsi, keteladanan, dan metode ceramah.Hasil yang telah dicapai di Panti tersebut dari penerapan pendekatan dan metode adalah ketaatan beribadah dan sikap positif seperti pemaaf, jujur, percaya diri, rajin, dermawan, dan alumninya sukses menjadi pegawai, dipemerintahan, pengusaha, guru, ustad/ustadzah.
Â
Kata kunci: pendekatan dan metode, pembinaan akhlak, panti asuhan
Full Text:
PDFReferences
Arifin, H.M, Psikologi dan Beberapa Aspek Kehidupan Rohaniah Manusia,Jakarta:Bulan Bintang, 1976.
An-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, penerjemah: Shihabuddin, Jakarta: Gema Insani Press,1996.
Al Hasyimiy, As-Syyid Ahmad, Terjemah Muhtarul Al-Hadits, alih Bahasa Hadiyah Salim, Bandung ; Alma’arif, 1994.
Al-Baqi, Fu’ad,AbdulAl-Mu’jam
al-Mufahraz li al-Fazh al-Qur’an al-Karim, Indonesia: Maktabah Dahlan,t.th, hal. 936.
Al-Ma'luf, Luis, Al-Munjid fil Lughat Wal-A'lam, Beirut-Libanon :Dar El-Masyrek, 1986.
Abdullah,Yatimin, Studi Akhlak dalam perspektif Al-qur'an, Jakarta: Amzah, 2007. Studi Akhlak dalam perspektif Al-qur'an, Jakarta: Amzah, 2007.
Johannesen, Richard, Etika Komunikasi, terj. Dedy Djamaluddin Malik, Bandung: Remaja Roasdakarya, 1996.
Johnson,Elaine, Contextual Teaching and Learning, dalam Abdul Fatah, Budaya Toleransi Dalam Pembelajaran PendidikanAgama Isam,Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Syarif Hidayatullah 1012.
Bahri, Bahri Djamarah dan Azwan Zein, Strategi Belajar, Surabaya: Kencana Pranada Media Goup, 2006.
Coles, Robert, Menumbuhkan Kecerdasan Moral pada Anak, terj. T. Hermaya, judul asli, 'The Moral Intelligence Of Children : Ho to Raise Moral Child" , Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000.
Daradjat, Zakiah, Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: PT.Remaja Rosdakarya, 1995.
Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: PT Karya Toha Putra, 1996.
Fatah, Abdul, Fatah, Budaya Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,Jakarta:Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Syarif Hidayatullah, 2012.
Herman, Willis, The Future of the Existential- Humanistic Perspective in Education, dalam T.C. Greening (ed),Existential-Humanistik Psichology Belmon, Cal: Broos Cole, 1997.
Hasan, Aliah B, Purwakania Hasan, Psikologi Perkembangan Islami, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2008.
Helmy, H. Masdar, Peranan Dakwah Islam Dalam Pembinaan Umat, Semarang: Lemb. Panel, dan Latihan, 1971.
Johannesen, Richard, Etika Komunikasi, terj. Dedy Djamaluddin Malik,
Bandung: Remaja Roasdakarya, 1996.
A. Bourke, Nernon, Ethics: A Texbook in Moral Philosophy, New York: The Macmillan Company, 1966.
Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Riset, Bandung: Mandar Maju, 1990.
Lopa, Baharuddin, Al-qur’an dan Hak-hak Asasi Manusia, Yogyakarta: Dhana Bakti Prima Yasa, 1999.
Munir Mulkhan, Abdul, Nalar Spiritual Pendidikan; Solusi Problem Filosofis Pendidikan Jogjakarta: 2002
Majid, Abdul, dan Dian Anjani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum, 2004, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005
Mushtofa,Ahmad al-Maraghiy, Tafsir Al-Maraghiy, diterjemahkan oleh Bahran Abubar dan Harry Noer Aly, Semarang: Thoha Putra, 1986.
Mulyana, Dedi, Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya, Bandung: Rosdakarya, 2004.
Maftuh Ahmad, Mutiara Kata Da'wah disarikan dari Al-Qur'an dan Hadis Filosof, Sahabat da Pujangga , Surabaya: Team Terbit Terang,2007
Magnis, Franz, Suseno, Etika Jawa,: sebuah analisa Falsafi tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa Jakarta: Gramedia, 1991.
Nata, Abudin, Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multi Disipliner, II. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Jakarta: BSN, 2007.
Rosyada,Dede,Paradigma Pendidikan Demokratis; Sebuah Model Pelibatkan Masyarakat dalam Penyelenggaraan pendidikan,III Jakarta: Kencana, 2007.
Rachman Shaleh, Abdul, Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005
Shihabuddin, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, 2004.
Sabri, M. Alisuf, Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1993.
Salim, Abdullah, Akhlak Islam Membina Masyarakat dan Rumah Tangga, Jakarta: Raja Grafindo, 1990.
UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Bandung: Citra Umbara, 2003.
William F. o'neill, Idiologi-idiologi Pendidikan, Penerjemah Omi Intan Naomi Jakarta ; Pustaka Pelajar,2002.
Willis Herman, The Future of the Existential- Humanistic Perspective in Education, dalam T.C. Greening (ed), Existential-Humanistik Psichology Belmon, Cal: Broos Cole, 1997.
Yamin, Martinis, Paradigma Pendidikan Kontruktivistik: Implementasi KTSP dan UU. No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Jakarta: Gaung Persada Press, 2005.
Zainudin, dkk.,Seluk Beluk Pendidikan Dari Al Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]