PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN BERBASIS REKAM MEDIS DI RS “A†JAKARTA TAHUN 2005

Hosizah Hosizah

Abstract


Saat ini rumah sakit di Indonesia mengalami perubahan sebagai dampak adanya perubahan lingkungan lokal dan global, bergeser dari lembaga sosial menjadi lembaga usaha yang berarti bahwa pengelolaannya dari not for profit menjadi
for profit. Rumah sakit masa kini harus menyadari kebutuhan masyarakat yang terus berubah, kemajuan teknologi, perang antar pesaing dan turunnya kesetiaan pelanggan. Oleh karena itu dibutuhkan Sistem Informasi Pemasaran (SIP). SIP dapat
membantu rumah sakit dalam pengambilan keputusan yang tepat dan akurat. SIP terdiri dari pencatatan internal, intelijen pemasaran, riset pemasaran dan analisis pendukung
keputusan. Pencatatan internal bersumber dari rekam medis dan catatan keuangan rumah sakit. SIP dapat menghasilkan
delapan elemen penting yaitu: Memperoleh informasi perubahan pasar, biaya yang diperlukan; Informasi kompetisi, perubahan kebutuhan masyarakat; Menetapkan tujuan
pemasaran agar jelas dan terarah; Penampilan masalah dan pelanggan yang ada; Penentuan target pemasaran yang tepat;
Gambaran implementasi dari strategi yang dibuat; Beberapa cara dan alat promosi yang bisa dipilih; Pengukuran dan pemantauan pelaksanaan cara pemasaran. Rekam Medis
sebagai data internal dapat mendukung keputusan pemasaran terhadap 4 elemen dari delapan elemen di atas yaitu Informasi
kompetisi, perubahan kebutuhan masyarakat; Menetapkan tujuan pemasaran agar jelas dan terarah; Penampilan masalah
dan pelanggan yang ada; Penentuan target pemasaran yang tepat. Di RS “A†yang sudah tersedia rekam medis elektronik
kenyataannya belum optimal dijadikan basis data SIP dan laporan yang dibutuhkan oleh direktur dan wadir tidak tersedia secara rutin karena masih dilakukan secara manual.
Hasil penelitian ini, yaitu diperolehnya prototipe SIP berbasis Rekam Medis yang dapat menghasilkan informasi secara rutin
baik bulanan maupun tahunan dalam bentuk tabel, grafik dan peta guna kepentingan Direktur, Wadir Medis dan Wadir Keuangan dan Layanan Umum dalam rangka optimalisasi manajemen pemasaran RS “A†Jakarta.

Kata Kunci: SDLC, SIP berbasis Rekam Medis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]