MENGUKUR PENGARUH SIZE, ROA, TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI GO PUBLIK

Roy Hisar, Jaka Suharna, Lukman Cahyadi

Abstract


The implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) is seen as a necessity. Corporate Social Responsibility is a form of corporate responsibility towards its environment for social care and environmental responsibility without neglecting the capabilities of the company. The purpose of this study was to analyze the effect of Size, ROE on CSR disclosure. In this study using a causality research design. The sampling method used was purposive sampling method. The population in this study is the Food and Beverage Sub-Sector Manufacturing Companies listed on the IDX for the period 2016 - 2019 with a sample size of 54 companies. This type of research used in this research is quantitative research. The results obtained from this study are that there is a simultaneous influence between Size, ROE on CSR disclosure. Another result of this study, if seen partially, is that there is no influence between Size on CSR disclosure. Meanwhile, ROE has a significant positive effect. From the results of the Adjusted R2 study, it was found that 25.9% of the variation in CSR disclosure was influenced by the variables Size, ROE, while the remaining 74.1% was explained by other variables outside the research model.

 

Keyword : size, ROE, corporate social responsibility (csr).


Full Text:

PDF

References


Agung, A. Pradnyani, dan E. A. Sisdyani, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Dewan Komisaris pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan,†E-Jurnal Akunt. Univ. Udayana, vol. 2, pp. 384–397, 2015

Almira, M and T. Erawati, “Pengaruh Leverage, Size, dan Kepemilikan Manajemen terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure tahun 2013-2015,†vol. 1, no. 1, pp. 39–48, 2017.

Andriany, A. Willy Sri Yuliandari, SE., M.M., and M. Djusnimar Zutilisna Drs., Akt., “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Pengungkapan Media terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi pada Perusahan BUMN di Indonesia tahun 2014-2015),†E-proceeding Manag., vol. 4, no. 3, pp. 2723–2733, 2017.

Hartono Jogiyanto, “Teori Portofolio dan Analisis Investasi,†BPFE-UGM.

Hastuti, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Tipe Industri terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Laporan Tahunan (Studi Empiris pada perusahaan Manufaktur yang listing di BEI),†2014

Husein 2013, “Rancangan Kausalitas.†[Online]. Available: https://elib.unikom.ac.id//.

Indraswari and Ida Bagus Putra Astika, “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Kepemilikan Saham Publik pada Pengungkapan CSR,†E-Jurnal Akunt. Univ. Udayana, vol. 9, no. 3, pp. 816–828, 2014

idx.co.id, “Data Olahan dari Laporan Keuangan Berupa Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage tahun 2015 - 2017.â€

Kasmir 2012, “Analisis Laporan Keuangan,†.

Maharani 2016, “Rasio Profitabilitas.†[Online]. Available: https://respository.unpas.ac.id//

Mawandira, “Pengaruh Karakteristik perusahaan terhadap Pengungkapan CSR pada sektor Non Keuangan dan Non BUMN yang terdaftar di BEI periode 2010 - 2012,†J. Ilm. Mhs. Univ. Surabaya, vol. 3, 2014.

Nur dan A. Denies Priantinah M.Si., “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility di Indoneisa (Studi Empiris pada Perusahaan Berkategori High Profile yang listing di Bursa Efek Indonesia),†J. Nominal, vol. I, no. 1, 2012

Permatasari, H.D “Pengaruh Leverage, Tipe Industri, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2012),†vol. 4, pp. 1–9, 2014.

Putra Reki, Manik Tumpal, dan Inge, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Tipe Industri, Kepemilikan Manajemen, Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016,†J. Ilm. Mhs. Univ. Marit. Raja Ali Haji, pp. 1–18, 2016.

Putri and Astuti, “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012,†ISSN 2502-2911, vol. 01, no. 02, 2015.

Sari, R. A “Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia,†J. Nominal vol. I, no. 1, 2012.

Sari, Suzan, dan Budiono, “Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013),†E-Proceeding Manag., vol. 4, no. 2, pp. 1534–1541, 2017

Sartono, “Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi,†BPFE, 2010.

Sekarwigati and B. Effendi, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure,†pp. 16–33, 2019.

Sugiyono 2013, “Hipotesis Penelitian.†[Online]. Available: www.eurekapendidikan.com.

Sutrisno, “Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi,†J. ekonisia, 2012.

Undang-Undang No 25 tahun 2007, “Penanaman Modal.†[Online]. Available: //www.ojk.go.id//.

Undang-Undang No 40 Tahun 2007, “Undang-Undang Tentang Perseroan Terbatas.†[Online]. Available: www.ojk.go.id.

Undang-Undang No 20 Tahun 2008, “Klasifikasi UMKM.†[Online]. Available: http://www.bi.go.id//.

Yanti and Budiasih, “Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility,†E-Jurnal Akunt. Univ. Udayana, vol. 17, no. 3, pp. 1752–1779, 2016.

Wahyutama, “Pengaruh Ukuran Perusahaan , Profitabilitas , Leverage , dan Media Exposure Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure The Effect of The Firm Size , Profitability , Leverage , and Media Exposure to,†pp. 1–8, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]