RANCANG BANGUN APLIKASI PENCARIAN SARANA KEBUGARAN DI KABUPATEN PURWAKARTA MENGGUNAKAN LOCATION BASED SERVICE BERBASIS ANDROID

Winda Suci Lestari Nasution

Abstract


Olah raga merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan kebugaran dan ketahanan tubuh seseorang di suatu lokasi yang tepat. Olah raga dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau benda maupun tanpa alat yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Olah raga yang dilakukan tanpa alat contohnya seperti lari di pagi hari, push up atau sit up. Olah raga yang menggunakan alat contohnya seperti bersepeda, fitnes, dan bulu tangkis. Fitnes merupakan olah raga satu tempat namun menyediakan peralatan yang beragam dan lengkap bagi yang ingin melatih seluruh otot tubuh. Sarana atau lokasi yang mumpuni menjadi kebutuhan warga dikarenakan sangat kurangnnya lokasi yang nyaman untuk berolah raga dengan menggunakan peralatan seperti alat-alat fitness. Oleh karena itu seseorang yang ingin menemukan lokasi fitness ini sangat kesulitan menemukan lokasi seperti ini khususnya wilayah Kab Purwakarta. Oleh karenanya dibutuhkan aplikasi pencarian sarana kebugaran dan fasilitasnya. Dalam merancang hal ini dilakukan dengan menggunakan metode Rapid Aplication Development (RAD). Penggunaan layanan Location Based Service yang digunakan untuk mempermudah menentukan titik pengguna berada. Layanan ini menggunakan teknologi Global Positioning Service (GPS) dan cell-based location dari Google. Oleh karena itu maka diciptakan aplikasi pencarian tempat kebugaran fitness menggunakan Location Based Service. Dalam hal ini hasil dari sistem ini mampu menampilkan lokasi pengguna dan lokasi kebugaran fitness terdekat, serta memudahkan memberikan informasi dan melakukan pemesanan dengan menggunakan smartphone yang dimiliki pengguna.

 

Kata kunci: aplikasi pencarian fitnes location based service, android

Full Text:

PDF

References


Kusniyati, H., & Pangondian Sitanggang, N. S. (2016). Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. 9(1), 9-18.

Mishra, A. (2014). Critical Comparison Of Php And Asp. Net For Web Development. 3(7), 331-333.

Muntinaha, V., Informatika, J. T., Sains, F., & Teknologi, D. A. N. (2017). Berbasis Werb Dan Android Pada Klinik Gigi Lisda.

Singh, A. (2016). Android Application Development Using Android Studio And Php Framework. 5-8.

Sumitro, A. A. E., & Najoan, X. B. N. (2017). Implementasi Location Based Service Untuk Aplikasi Mobile City Directory Studi Kasus Kota Kotamobagu. 11(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]