ANALISIS KEPEMILIKAN DAN PEMANFAATAN KARTU SEHAT OLEH MASYARAKAT MISKIN DI DESA “X”, KECAMATAN LABUHAN KABUPATEN PANDEGLANG TAHUN 2005

Tri Rini Puji Lestari

Abstract


Sasaran Program Kompensasi Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak Bidang Kesehatan (PKPS-BBM BK) adalah keluarga miskin yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan tambahan berupa pelayanan kesehatan rujukan di rumah sakit, pengadaan obat sangat esensial untuk mendukung pelayanan kesehatan dasar di puskesmas dan pengadaan vaksin serta pemberian imunisasi Hepatitis B untuk seluruh bayi. Penelitian ini menggunakan kombinasi studi kuantitatif, cross sectional dan studi kualitatif melalui wawancara mendalam terhadap informan kunci. Tujuannya untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang pemilik dan pemanfaat Kartu Sehat (KS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi keluarga miskin di Desa “X” dilakukan oleh tim desa, kemudian data tersebut diserahkan ke Dinkes Kabupaten dan selanjutnya ke Bapedda. Pendistribusian KS ke Gakin dilakukan oleh pihak kader kesehatan bekerjasama dengan bidan desa. Sosialisasi dilakukan dengan pendekatan kelompok dan pendekatan massa melalui jalur media massa cetak maupun elektronik. Pihak yang memberikan KS dan informasi manfaat serta cara penggunaanya mayoritas dilakukan oleh kader kesehatan. Keberadaan KS mayoritas dirasakan sangat berguna, meskipun masih ada responden yang mendapat pengalaman tidak menyenangkan selama berobat dengan menggunakan KS. Sehingga tercipta image yang tidak baik di masyarakat bila berobat menggunakan KS.
Akibatnya frekuensi penggunaan KS untuk berobat masih rendah. Uji statistik menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara perasaan punya KS, pengalaman tidak menyenangkan, keberadaan KS, biaya yang harus dikeluarkan bila berobat dengan KS dengan pemanfaatan KS (pv=0,05). Berdasarkan kondisi tersebut di atas, pemilik KS  mengharapkan pelayanan kesehatan dengan KS di masa mendatang agar jauh lebih baik dari pada yang dialami sekarang, khususnya tentang perbedaan pelayanan kesehatan antara pasien yang menggunakan KS dengan yang umum. Selain itu, merekapun mengharapkan pembebasan dari segala biaya saat berobat dengan menggunakan KS.

Kata Kunci: Kepemilikan, Pemanfaatan, Kartu Sehat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.