PERSEPSI TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA PADA UNIVERSITAS ESA UNGGUL, JAKARTA
Abstract
Issue kampus merdeka melakukan perubahan dalam pendidikan di Indonesia yang menginginkan pembelajaran untuk mengenal dunia luar kampus secara merdeka. Sehingga, memerlukan peran tenaga kependidikan sebagai penunjang penyelenggaraan pendidikan. Tujuan penelitian implementasi kebijakan MBKM adalah memperoleh bukti empiris tentang peran tenaga kependidikan sebagai pendukungan layanan administrasi pelaksanaan MBKM, sehingga mahasiswa dan dosen mampu menuju capaian pembelajaran program studi pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal. Metode penelitian adalah penelitian ini berbentuk kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Obyek penelitian adalah kebijakan merdeka belajar kampus merdeka. Populasi dan sampel adalah tenaga kependidikan Universitas Esa Unggul. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh, yaitu seluruh tenaga kependidikan yang mendukung kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Unit analisis adalah individu tenaga kependidikan. Horison waktu adalah One shot study. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian tentang implementasi MBKM di Universitas Esa Unggul telah berjalan cukup efektif dalam mempersepsikan kebijakan, mekanisme, peran dosen, manfaat dan rekomendasi atas implementasi MBKM dengan angka ambang nilai 70%. Implikasi penelitian adalah tenaga kependidikan belum memahami pelaksanaan MBKM mandiri yang sudah berjalan di Universitas Esa Unggul; dilibatkan dalam penentuan prodi; pemahaman MBKM tidak memberikan peningkatan hard skills dan soft skills untuk mencapai sasaran dan tujuan profil program studi.
Kata Kunci : Kebijakan MBKM, Capaian Pembelajaran, Efektif bobot sks tetapi tidak untuk penyetaraan CPMK dalam pencapaian CPL profil
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]