PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL TERHADAP IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA
Abstract
Isue utama merdeka belajar kampus merdeka adalah perubahan pendidikan dari tatap muka langsung di dalam kelas dengan system SKS menjadi konsep pembelajaran mandiri, di luar kelas dan luar program studi. Tujuan penelitian tentang implementasi kebijakan MBKM adalah memperoleh bukti empiris tentang capaian pembelajaran pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal; serta peningkatan kompetensi soft skills maupun hard skills lulusan. Metode penelitian adalah penelitian ini berbentuk kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Obyek penelitian adalah kebijakan merdeka belajar kampus merdeka. Populasi dan sampel adalah mahasiswa Universitas Esa Unggul. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu mahasiswa yang mengikuti kegiatan atau sebagai peserta merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Unit analisis adalah individu mahasiswa. Horison waktu adalah One shot study. Analisis data menggunakan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi MBKM dalam persepsi mahasiswa sudah berjalan efektif sesuai dari harapan mahasiswa yang mempersepsikan kebijakan, mekanisme, peran dosen, manfaat dan rekomendasi atas implementasi MBKM yang mencapai angka diatas 70% diharapkan kondisi tersebut mampu meningkatkan kompetensi dan keterampilan bagi mahasiswa sebagai bekal bekerja setelah lulus. Implikasi Penelitian adalah mengoptimalkan keterlibatan mahasiswa dalam implementasi MBKM untuk mencapai IKU partisipasi mahasiswa pada pelaksanaan implementasi MBKM
Kata Kunci: Kebijakan MBKM, Capaian Pembelajaran, Efektif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]