PERSEPSI DOSEN PENDIDIDKAN BAHASA INGGRIS FKIP UNIVERSITAS ESA UNGGUL TERHADAP PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Wawan Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi dari dosen sebagai bagian yang telah mengikuti program merdeka belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Survey difasilitasi oleh KEMENDIKBUD RISTEK, berisi pertanyaan mengenai pemahaman dosen dan persepsinya tentang merdeka belajar kampus merdeka. Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jumlah dosen yang diambil datanya berada di bawah 10 orang sehingga digunakan teknik total sampling untuk pengambilan datanya. Jumlah dosen yang mengisi survei menggunakan aplikai SPADA sebanyak 6 dosen. Berdasarkan data yang diperoleh melalui penyebaran survey kepada responden maka dapat dijelaskan bahwa istilah merdeka belajar kampus merdeka sudah sering didengar oleh responden, namun masih ada yang belum mengetahui program ini. Penyebab responden banyak yang tidak mengetahui program merdeka belajar kampus merdeka adalah karena dominan responden yang belum pernah mengikuti kegiatan sosialisasi. Walaupun demikian, mereka setuju dengan adanya program merdeka belajar yang dapat diikuti oleh setiap dosen.

Kata kunci : MBKM, Implementasi, Keguruan


Keywords


MBKM, Implementation, Education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]