PERAN DOSEN DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM MBKM PROGRAM STUDI FARMASI UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Mertien Sa’pang, Sri Teguh Rahayu

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat beberapa tahun terakhir memberikan tantangan tersendiri bagi pelaksana pendidikan. Oleh karena itu, Kemendikbud bekerjasama dengan instantsi pendidikan menyusu program kampus merdeka untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan kompetensinya. Peran serta dosen dalam implementasi program ini sangat penting bagi keberhasilan mahasiswa mengikuti program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dosen dalam implementasi MBKM di Program Studi Farmasi, Fikes, Universitas Esa Unggul. Penelitian ini dilakukan dengan desain cross-sectional dengan metode total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 100% responden sudah mengetahui isi kebijakan MBKM melalui kegiatan sosialisasi dan juga buku panduan MBKM. Sebelum kegiatan MBKM sebanyak 100% dosen pernah membimbing magang, Selain itu, terdapat 100% responden menjawab ada peningkatan soft skill dan hard skill mahasiswa dan juga ada peningkatan dengan baik terkait kompetensi atau kapasitas dosen. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dosen dalam prodi Farmasi, Fikes, UEU turut berperan aktif dalam perencanaan dan implementasi program MBKM. Namun, perlu diperhatikan terkait keterbatasan program studi bidang kesehatan dalam mengikuti seluruh kegiatan MBKM

Kata kunci : MBKM, peran dosen, capaian pembelajaran lulusan


Keywords


MBKM; peran dosen; capaian pembelajaran lulusan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]