PERAN DOSEN DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM) UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN

Harna Harna, Ety Nurhayati

Abstract


Peran dosen dalam pelaksanaan MBKM sangat penting karena dosen mempunyai peranan yang strategis bagi keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu mengetahui gambaran impelementasi MBKM pada dosen Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Teknik sampling dalam penelitian yaitu teknik total sampling dengan total sampel sebanyak 6 dosen Program Studi Keperawatan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi kuesioner survei secara online. Analisis data penelitian adalah analisis univariat. Hasil penelitian yaitu sebanyak 50% responden sudah mengetahui isi kebijakan MBKM, sebanyak 83.3% dosen pernah membimbing magang, KKN sebelum ada MBKM, terdapat 83.3% responden menjawab ada peningkatan soft skill dan hard skil mahasiswa dan juga ada peningkatan dengan baik terkait kompetensi atau kapasitas dosen. Sebanyak 66.7% responden menjawab kegiatan MBKM cukup bermanfaat untuk mendukung CPL prodi. Kesimpulan pada penilitian ini yaitu implementasi Program MBKM pada Program Studi Keperawatan sudah berjalan ada peningkatan dengan baik terkait kompetensi atau kapasitas dosen Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, kaitannya dengan pelaksanaan program MBKM.

Kata kunci: MBKM, kompetensi dosen, Capaian Pembelajaran Lulusan


Keywords


MBKM; kompetensi dosen; Capaian Pembelajaran Lulusan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]