IMPLEMENTASI KURIKULUM MBKM BAGI DOSEN DI LINGKUP FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Ghefra Rizkan Gaffara, Laili Fuji Widyawati

Abstract


Dunia pendidikan memiliki kurikulum yang dinamis. Salah satu reformasi yang dihasilkan di masa pandemi ini adalah kurikulum Mandiri Kampus Belajar Merdeka. Kurikulum ini memiliki perbedaan dengan kurikulum sebelumnya. Pada masa pembelajaran online ini, dosen menggunakan media online, salah satunya disebut e-learning. Dengan kurikulum MBKM, para dosen di Universitas Esa Unggul melakukan praktik sekaligus mengevaluasi sejauh mana penerapannya, khususnya di lingkungan Fakultas Teknik. Kurikulum ini mendorong peningkatan mutu pembelajaran secara terus menerus, adaptif terhadap tuntutan zaman, memotivasi semangat belajar sepanjang hayat, dan dapat mewujudkan hasil belajar yang ditentukan. Berkaitan dengan hal tersebut, kebijakan MBKM memberikan kesempatan dan peluang untuk memperkaya experiential learning bagi dosen untuk mencapai kompetensi yang siap memenangkan tantangan kehidupan yang semakin kompleks di abad 21 melalui delapan bentuk Kegiatan Pembelajaran yaitu pertukaran mahasiswa, magang/praktik kerja, bantuan pengajaran di satuan pendidikan, penelitian/penelitian, proyek kemanusiaan, kegiatan kewirausahaan, studi/proyek mandiri, dan pembangunan desa. Kata kunci: Kurikulum, Implentasi, Pendidikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]