PENGELOLAAN INTERNATIONAL SPECIAL EVENT DALAM MEMPROMOSIKAN KEBUDAYAAN NASIONAL DI AMERIKA SERIKAT (STUDI KASUS EVENT “A WALK THROUGH INDONESIA”)

Bonaventura Stainley Alexander Wuisang, Erna Febriani, Kaan Erdogmus, Fajarina Fajarina

Abstract


A Walk Through Indonesia merupakan special event yang diselenggarakan oleh penerima beasiswa Indonesian International Mobility Awards (IISMA) di University of Pennsylvania dalam rangka mempromosikan kebudayaan Indonesia di kancah internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengelolaan International Special Event ”A Walk Through Indonesia” dalam mempromosikan kebudayaan nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus tipe 1 kasus tunggal unit analisis tunggal. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Excellence Theory dua arah simetriss dan landasan konsep menggunakan Proses Pengelolaan Special Event dari Joe Goldblatt. Hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi proses penelitian, desain, perencanaan, koordinasi, dan evaluasi yang didalamnya terdapat komunikasi dua arah yang simetris yang pada masing-masing tahap sebagai berikut; pada penelitian dilakukan riset target, pada desain terjadi timbal balik antara sponsor dan target dengan panitia dalam memutuskan layout venue dan cinderamata, pada perencanaan terjadi timbal balik antara sponsor dengan panitia dan pertimbangan timbal balik riset target pada tahap penelitian, pada koordinasi terjalin kerjasama antar sponsor dengan panitia demi lancarnya acara, dan pada evaluasi terjadi timbal balik antar sponsor dengan panitia juga pengunjung dengan panitia untuk menilai hasil dari International Special Event ”A Walk Through Indonesia” yang mana datanya akan digunakan dalam special event selanjutnya.


Keywords


A Walk Through Indonesia, special event, pengelolaan, Excellence Theory, Two-Way Symmetrical

Full Text:

PDF

References


Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia

Bungin, B. 2013. Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi: Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan

Pemasaran. Jakarta: Putra Grafika

Butterick, K. 2012. Pengantar Public Relations: Teori

dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Creswell, J. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy, O.U. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya Grunig, L.A., Grunig, J.E., & Dozier, D.M. 2002. Excellent Public Relations and Effective Organizations: A Study of Communication Management in Three Countries. New Jersey: Lawrence Elbraum Associates

Grunig, J.E. 1992. Excellence in Public Relations and

Communication Management. New Jersey: Lawrence Erlbraum Associates

Goldblatt, Joe. 2014. Special Events: Creating and Sustaining a New World for Celebration. New Jersey: John Wiley and Sons Inc

Harsono. 2008. Pengelolaan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Julia R.S. 2012. Event: Professional Event Coordination. New Jersey: John Wiley and Sons Inc

Kriyantono, R. 2021. Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public

Relations, Advertising, Komunikasi

Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta:

Kencana

Kriyantono, R. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal. Jakarta: Kencana Lexy, J.M. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Miles, M.B., & Huberman, A.M. 2014. Analisis Data

Kualitatif Buku Sumber tentang Metode Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif.

Jakarta: GP Press Group

Nawawi, H. 2019. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press Pudjiastuti, W. 2010. Special Event. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Huang, Y.H. 2004. Is Symmetrical Communication Ethical and Effective? Journal of Business

Ethics

Pompper, D. 2004. Linking Ethnic Diversity & Two-Way

Symmetry: Modeling Female African

American Practitioners’ Roles. Journal of Public

Relations Research

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan

Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan

Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press

Rustiadi, E., Saefulhakim, S., & Panuju, D.R. 2018.

Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Soekanto, S. 2015. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press

Sachari, A. 2005. Pengantar Metode Penelitian Budaya Rupa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa, dan Kriya). Jakarta: Erlangga Sugandha, D. 2011. Koordinasi, Alat Pemersatu Gerakan Administrasi. Jakarta: Intermedia

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wirawan. 2012. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

Yin, R, K. 2013. Studi Kasus Desain dan Metode.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]