ANALISIS WACANA KRITIS DALAM PEMBERITAAN PELUNCURAN MENU BTS MEAL MCDONALD’S PERIODE JUNI 2021 PADA MEDIA ONLINE LIPUTAN6.COM

Nabilla Octavia Suhardi, A Rahman

Abstract


Peluncuran menu BTS MEAL yang dilakukan McDonald’s 9 Juni 2021 sangat menarik perhatian masyarakat. Kolaborasi McDonald’s dengan BTS, Boy Band asal Korea membuat menu yang diluncurkan terkesan sangat spesial sehingga terjadi penumpukan pembeli di setiap gerai McDonal’s di seluruh Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok. Tangerang, dan Bekasi). Akibatnya, banyak terjadi pelanggaran protocol kesehatan di setiap gerai McDonal’s, sehingga mengakibatkan terjadi penyegelan gerai McDonal’s oleh pemerintah. Peristiwa penyegelan tersebut menjadi headline sejumlah media dalam dan luar negeri. Salah satu media yang gencar memberitakan peluncuran BTS Meal adalah Liputan6.com. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pewacanaan yang dilakukan Liputan6.com dalam pemberitaan tentang pelanggaran protokol kesehatan di setiap gerai McDonald’s. Peneliti akan mengkaji pemberitaan Liputan6.com dengan dimensi teks model Teun A Van Dijk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitia membatasi kajian pada pemberitaan peluncuran menu BTS Meal di media Liputan6.com periode Juni 2021. Hasil penelitian menunjukkan, Liputan6.com beusaha mewacanakan adanya kesalahan dilakukan oleh ojek online sebagai alasan munculnya sebuah kerumunan. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana penggunaan bahasa yang dipakai, Liputan6.com dalam menjelaskan fenomena peluncuran menu BTS Meal. Pilihan katanya cenderung menyudutkan ojek online dengan cara mendramatisir keadaan lebih mengarah kepada hal negatif.

 

Kata Kunci : Media online, Berita, Analisis Wacana Kritis, BTS Meal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]