Emotiona l- Branding dan Brand Belief Berbasis Strategi Bersaing Diferensiasi Merek
Abstract
Tulisan pertama bertema emotional-branding sebagai bahan bakar strategi bersaing telah mem-berikan justifikasi komprehensifitas pemahaman bahwa untuk lebih fokus pada pilihan strategi bersaing, maka brand harus dideferensiasikan sedemikian rupa agar cenderung kompetitif ber-kadar emosional tinggi dalam membangkitkan selera pasar. Namun demikian, emotional-branding itu sendiri membutuhkan nilai-nilai tertentu dimana akselerasinya membentuk brand yang lebih per-sonal humanis. Nilai-nilai brand berpersonal humanis inilah yang disebut sebagai brand belief. Ketika kedua unsur ini disatukan maka terbentuklah suatu senyawa yang dinamakan The Unique Brand Of Yours. Sebagai senyawa, The Unique Brand Of Yours berdiri di atas medan psikologis konsumen dengan strategi bersaing diferensiasi sebagai lokomotif utama penggerak brand. Pemaparan berikut ini mengeksistensikan kajian deskriptif pemaparan The Unique Brand of Yours Anatomy yang dibangun melalui dua unsur pembentuknya, yaitu emotional-branding dan brand belief.
 Kata Kunci: Emotional-Branding, Brand Belief, Nilai MerekÂ
References
Daftar Pustaka
Ferrinadewi, Erna, â€Merek & Psikologi Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaranâ€, Graha Ilmu Yogyakarta, 2008.
Fisk, Peter, â€Marketing Geniusâ€, PT.Elex Media Komputindo, Jakarta, 2007.
Gobé, Marc, â€Emotional-Branding: Paradigma Baru Untuk Menghubungkan Merek Dan Pelangganâ€, PT.Erlangga, Jakarta, 2005.
Moser, Mike, â€United We Brand : Menciptakan Merek Kohesif Yang Dilihat, Didengar dan Diingatâ€, PT.Erlangga, Jakarta, 2008.
Suyanto, M, â€Marketing Strategy Top Brand Indonesiaâ€, CV.Andi Offset, Yogyakarta, 2007.
Sadat, Andi M., â€Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinanâ€, PT.Salemba Empat, Jakarta, 2009.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]