Pengembangan Aplikasi SIG SiTEPLAN Perumahan Arcadia Daan Mogot

Budi Tjahjono

Abstract


Abstrak

Perkembangan perumahan dewasa ini sudah sangat pesat, dimana para pengembang merancang lo-kasi perumahan yang sangat strategis dan eksklusif dengan desain bangunan yang sesuai permintaan pasar, serta dilengkapi dengan sarana parasarana serta utilitas umum yang diperlukan dalam suatu perumahan. Dengan demikian pemanfaatan komputer sangat diperlukan karena dengan teknologi sistem informasi maka akan lebih mudah bagi para pengembang memberikan informasi tentang tata letak perumahan serta spesifikasinya yang terintegrasi dalam sistem database. Sehinga dengan apli-kasi ini akan memberikan kemudahan bagi para pelanggan untuk dapat mengambil suatu keputusan dalam pemilihan rumah yang sesuai dengan keinginan. Sistem informasi geografis (SIG) perumahan  merupakan teknologi yang mampu  memberikan solusi.  Dengan menggunakan metode SIG, aplika-si ini akan menggabungkan data spasial dan data non spasial dalam suatu interface yang terintegrasi menggantikan kertas denah, brosur ataupun spanduk yang biasanya dipakai, sehingga menjadi  apli-kasi SIG perumahan sebagai sumber informasi yang menarik bagi para konsumen. Aplikasi SIG akan dirancang menggunakan perangkat lunak MapInfo untuk mendigitasi denah kertas menjadi de-nah digital, sedangkan interfacenya menggunakan Microsoft Visual Basic. Net  serta Microsoft Access 2007 sebagai databasenya.

Kata Kunci :  Perumahan, Sistem Informasi Geografis, Denah, Digitasi, Data Spasial


References


Daftar Pustaka

Andi, ”Panduan Lengkap Microsoft Access 2007”, Andi, Yogjakarta, 2009.

Anonim, ”Pengembangan Aplikasi”, http: //bagonkcr.multiply.com/journal/ item/5/rekayasa_perangkat_lunak, diakses 25 November 2009.

_______, ”Pengembangan Aplikasi”, http: //delphindo.wordpress.com/2006/03/08/pengentar-object-oriented-event-driven-programming,diakses 25 November 2009.

_______, ”Pengertian Siteplan”, http:// know.brr.go.id/dc/legislation/Goverment, diakses 30 November 2009.

Eddy Prahasta, ”Konsep – Konsep Dasar Sistem Informasi Georgafis”, In-formatika, Bandung, 2001.

Eddy Prahasta, ”Belajar dan Memahami MapInfo”, Informatika, Bandung, 2006.

Munawar, Pemodelan Visual dengan UML, Graha Ilmu, Jakarta, 2005.

Muhammad Sadeli, Visual Basic.Net 2008 Untuk Orang Awam, Maxikom, Palembang, 2009.

Rahmat Priyanto, ”Langsung Bisa Visual Basic.Net 2008”, Andi, Yogjakarta, 2009.

Tata Sutabri, S.Kom. , MM., ”Sistem Infor-masi Manajemen”, Andi Offset, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.