Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kesehatan di Kalangan Dokter di Hospital Universiti Kebangsaan Malaysia 2009

Intan Silviana Mustikawati

Abstract


Abstrak

Sebuah studi Cross - Sectional dilaksanakan pada bulan September sampai Desember 2009 di Hos-pital Universiti Kebangsaan Malaysia (Hospital UKM) untuk menentukan tingkat kepuasan peng-guna sistem informasi kesehatan di kalangan dokter dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Se-banyak 150 responden dipilih dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling. Data di-peroleh melalui kuesioner self-administered. Tingkat Respon pada penelitian ini adalah 75%. Seba-gian besar responden Melayu (82%), usia rata-rata adalah 32 tahun, menikah (78%), dengan gelar sarjana (68.7%), dan tidak pernah mengikuti pelatihan teknologi informasi di Hospital UKM (82%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prevalensi kepuasan dokter dalam menggunakan sistem in-formasi kesehatan adalah 84,7%. Studi ini menemukan bahwa status pernikahan, niat penggunaan sistem, sikap penggunaan sistem, dan kompatibilitas sistem dengan pekerjaan memiliki hubungan signifikan dengan tingkat kepuasan dokter dalam menggunakan sistem informasi kesehatan. Regresi logistik dilakukan untuk menentukan prediktor yang signifikan dari tingkat kepuasan dokter dalam menggunakan sistem informasi kesehatan. Diperoleh bahwa semakin tinggi sikap terhadap peng-gunaan sistem (Odds Ratio = 1,348 CI 95% 1,029, 1,765) dan semakin tinggi kompatibilitas sistem dengan pekerjaan (Odds Ratio = 2,438 CI 95% 1,498, 3,969) akan meningkatkan tingkat kepuasan dokter dalam menggunakan sistem informasi kesehatan di Hospital UKM.

Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Sistem Informasi Kesehatan, Dokter 


References


Daftar Pustaka

Atkinson, et al., “Introduction to Psychology”, 10th ed., Harcourt Brace Jovanovich, Orlando, 1990.

Bailey, J. E. & Pearson, S. W., “Development of a tool for measu-ring and analyzing computer user satisfaction”. Management Science, 29(5): 530-545, 1983.

Chau, P. Y. K & Hu, P. J., “Investigating healthcare professionals’ de-cisions to accept telemedicine technology : an empirical test of competing theories”. Informa-tion & Management, 39(4): 297-311, 2002.

Connell et al., “Differential EHR Satisfac-tion with Two Implementations un-der One Roof”. J Am Med Inform Assoc, 11:43-49, 2004.

Doll, W. & Torkzadeh, G., “The measurement of end-user computer satisfaction”, MIS Quarterly, 12(2): 259-274, 1988.

Fishbein, M. & Ajzen, I., “Belief, Attitude, Intention and Behavior: An Intro-duction to Theory and Research”. Addison-Wesley, 1975.

Goodhue, D. L. & Thompson, R. L., “Task technology fit and individual Per-formance”, MIS Quarterly 19, 1995.

Hier, D. B., “Physician buy-in for an EMR”, Healthcare Informatics, 2002.

Ives, et al., “The measurement of user information satisfaction” Commu-nications of the ACM, 26 (10): 785-793, 1983.

Lares, D., “Removing obstacles to the pa-perless office”, Physiciansnews, 2001.

Jen et al., “An Examination of ERP User Satisfaction in Taiwan”, Pro-ceedings of the 35th Hawaii International Conference on Sys-tem Sciences – 2002, 2002.

Norman, A., Eric, W.T.N. & Cheng, T.C.E. , “A critical review of end-userinformation system satisfaction research and a new research framework, Hong Kong : Hong Kong Polytechnic University, 2002.

Oliver, R., L., “Theoretical bases of consumer satisfaction research : review, critique, and future directions”, Theoretical Develop-ment in Marleting, Chicago: AMA, 1980.

Oliver, T., A., & Shapiro, F., “Self-efficacy and computers. Journal of Compu ter-Based Interactions”, 20: 81-85, (1993).

UKM 2003., “Report of Health MIS Pro-ject in Clinic Bandar Tasik Selatan”, 2003.

Yaverbaum, G., J. & Nosek., “Critical factors in the user environment: An experimental study of users, orga-nizations and tasks”, MIS Quarter-ly 12 (1):75-89, 1992.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.