Pendekatan Konseptual Human Resource, Public Relations dan Marketing

Euis Nurul Bahriyah

Abstract


Abstrak

Peran Public Relations (PR) sangatlah penting dan menantang, terutama berhubungan dengan pembentukan citra perusahaan di mata masyarakat, Namun masih ada beberapa kalangan  menganggap bahwa kinerja Public Relations itu identik dengan promosi dan publisitas semata, bila dibandingkan dengan peran Human Resources dan Marketing.  Bahkan belakangan ini sering terjadi tumpang tindih antara pekerjaan Public Relations, Human Resource dan Marketing. Jika persepsi yang kurang terpat tersebut terus bertahan maka eksistensi dan kredibilitas Public Relations di mata masyarakat akan terus terpuruk, oleh karena itu diharapkan adanya kesinambungan antara ketiganya agar dapat terus mempertahankan citra dan reputasi kerja PR yang sesungguhnya.

 Kata Kunci: Human Resource, Public Relations, Marketing 


References


Daftar Pustaka

Agung Wasesa, Silih dan Jim Macnamara, ”Strategi Public Relations”, PT. Gramedia, Jakarta, 2010.

Aitchison, Jim, “Cutting Edge Advertising”, Prentice Hall, Singapore, 2004.

Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soemirat, ”Dasar-dasar Public Relations”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Ananto, Elizabeth G, ”Materi presentasi ”Human Resource, Marketing dan Public Relations” pada seminar PR Week tahun 2007.

Grow, Jean M, “Stories of Community: The First Ten Years of Nike Women's Advertising”, dalam The American Journal of Semiotics. Kent: 2006. Vol. 22, Iss. 1-4

Frank, Jefkins, ”Public Relations”, Edisi ke-empat, Erlangga, Jakarta, 1995.

Justine, T Sirait, ”Memahami Aspek-aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi”, PT. Gramedia Indonesia, Jakarta, 2006.

Kasali, Rhenald, ”Manajemen Public Relation”, Grafiti, Jakarta, 1994.

Little John, Stephen W, “Theories of Human Communication”, BKU Ilmu Komunikasi – Pascasarjana Universitas Padjadjaran, Bandung, 1996.

Mulyana, Deddy, “Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar”, Edisi Revisi Cetakan ke-9, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007.

Satria, Ari Wibowo, ”Kisah Bisnis Top Pilihan”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2006.

Tjiptono, Fandy, ”Strategi Pemasaran”, ANDI, Yogyakarta, 2002.

Severin, Werner J. dan Tankard, Jr, James W, “Teori Komunikasi Sejarah, Metode dan Terapan di dalam Media Massa”, Penerj. Sugeng Hariyanto. Edisi Kelima, Kencana, Jakarta, 2007.

Shimp, Terence A, “Periklanan dan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu”, Penerj. Revyani Sjahrial, dan Dyah Anikasari, Jilid I Edisi Kelima, Erlangga, Jakarta, 2003.

Sobur, Alex, “Semiotika Komunikasi”, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2006.

Sutherland, Max & Alice K. Sylvester. “Advertising and the Mind of the Consumer”, Penerj. Setia Bangun, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.