PEMODELAN DIGITAL MARKETING STRATEGY UNTUK TUMBUH KEMBANGKAN UMKM DI DESA KADUGENEP DALAM MEWUJUDKAN DESA WISATA

Sophiyanto Wuryan, Ahmad Fuad

Abstract


Desa Kadugenep merupakan salah satu desa di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang yang berbatasan secara geografis, sebelah utara dengan desa Sindangsari. Sebagai wilayah yang cukup startegis karena hanya berjarak 90 kilometer dengan Jakarta dimana hampir Sebagian besar hasil buminya diperdagangkan di Ibukota. Mata pencaharian penduduk umumnya mengandalkan dari kekayaan alamberupa pertanian, perkebunan namun juga banyak yang mengadu nasib dengan menjadi pedagang maupun pengrajin tas yang sudah turun-temurun. Sebenarnya ada beberapa karya putra daerah selain tas yaitu anyaman bambu, sapu lidi dan ketupat namun wilayah ini mempunyai julukan sebagai desa seribu mesin, yaitu banyak pengrajin tas yang pulang ke daerahnya setelah masa pandemik dan meninvestasikan dananya untuk membeli mesin jahit karena mereka memang punya kemampuan untuk membuat pola dan menjahit tas. Namun seiring dengan ketatnya persaingan dan kemajuan teknologi dirasakan oleh pengrajin bahwa kurang dapat menggunakan teknologi untuk membuat produk lebih dikenal dan proses produksi dapat menghemat biaya.

Kata kunci : Pemodelan, Digital Marketing, Desa Wisata


Full Text:

PDF

References


Asep Mulyawan (2019), “Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Yang Sehat Dan Efisien”,Tahdzibi, vol 4: no.2, Umj, ISSN 2503-5126

Buku Panduan Internal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Esa Unggul tahun (2023)

Dewi Hernikawati, (2022) “The Covid-19 Pandemic Impact For Small and Medium Enterprise In Palembang” Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Masa, Vol. 3,No.1. Desember

Elly Karmeli dan Siti Fatimah, (2008), “Krisis Ekonomi Indonesia”, Journal of Indonesia Applied Economic, Vol.2 No.2 pp: 164-173

Hariyani Dwi Anjani, Irham Irham, Lestari Wahyu Waluyati, (2018), “Relationship 0f 7P Marketing Mix and Consumer’s Loyalty in Traditional Markets,” Jurnal Agro Ekonomi ISSN 0215.8787, vol 29,No.2

Meyne Gretty Manangkot, Jardie A. Andaki dan Jeannette F. Pangemanan, (2015) “Eksistensi Pedagang Perantara Di TPI Kalijengki Kelurahan Calaca Kota Manado”, Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan:, Vol.3 No.5

Yohannes Dakhi, (2016), “Implementasi POAC Terhadap Kegiatan Organisasi Dalam Mencapai Tujuan Tertentu” Warta edisi; 50, ISSN 2503: 1829-7463


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]