Kepercayaan Publik terhadap DPR dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

M. Ali Iqbal, Wahyuni Pudjiastuti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kepercayaan publik terhadap Dewan Perwakilan Rakyat dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode analisis dilakukan dengan cara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif untuk memberikan gambaran secara deskriptif faktor internal dan eksternal publik secara univariat yang disajikan dengan distribusi frekwensi. Sedangkan analisis inferensial dengan pemilihan teknik statistik regresi untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi variabel independen, yaitu kepercayaan  publik terhadap DPR serta untuk mengetahui  faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan publik terhadap DPR tersebut. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kepercayaan responden pada DPR sangat rendah. Responden yang tidak percaya pada DPR sebanyak 82 persen baik untuk kalangan kelas bawah, kelas menengah maupun kelas atas. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan publik pada DPR antara lain adalah jenis kelamin, penghasilan isteri, besarnya kenaikan tarif yang disanggupi dan terpaan radio. Sedangkan besarnya penghasilan suami, terpaan surat kabar dan pihak lain tidak berpengaruh signifikan pada kepercayaan publik terhadap DPR.

Kata Kunci: Kepercayaan Publik, DPR, Pemberitaan


References


Daftar Pustaka

Cram, Tony, “Consumers That Count”, Pearson Education, London, 2001.

Cutlip, Scott M, et.al, “Effective Public Relations”, Eighth Edition, Prentice Hall, Upper Saddle River, New Jersey, 2000.

Daymon, Christine et.al, “Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Com-munication”, Printed in Malta, 2001.

Doty, Dorothy I, “Publicity and Public Relations”, Barrons Business Library, New York, 1990.

Duncan, Tom, “IMC: Using Advertising and Promotion to Build Brands”, Mc Graw Hill, New York, 2003.

Gregory, Anne, “The Art and science of Public Relations: Public Rela-tions in Practice”, The Institute of Public Relations, Crest Pu-blishing House, New Delhi, 2000.

Neuman, William Lawrence, “Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches”, (5th ed), Pearson Education, Inc, USA, 2003.

Shani, A. B, et.al, “Behavior in Organiza-tions “An Experiential Appro-ach”. International Edition. Mc Graw-Hill/Irwin. New York, 2009.

Ward, Aidan and John Smith, “Trust and Mistrust”, John Wiley and Sons, UK, 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.