Pengaruh Media Televisi Terhadap Gaya Hidup

Teguh Imanto

Abstract


Abstrak

Televisi sebagai salah satu mediamassayang bersifat elektronis dengan segala kecanggihannya, dapat menghadirkan beragam kejadian di belahan bumi manapun dalam hitungan detik dapat meyampaikan gambar yang menarik beserta audionya lewat layar kaca, tepat di hadapan kita dikala sedang duduk menikmati acara dengan santainya. Televisi dinilai oleh masyarakat sebagai kotak ajaib yang dapat mempengaruhi sugesti masyarakat, hal itu dikarenakan selain memberikan informasi secara aktual dan faktual, televisi juga menyajikan acara yang sifatnya menghibur. Tele-visi sebagai suatu perusahaan industri budaya dan menganut sistem kapitalisme, oleh karena itu da-lam pengoperasiannya, televisi berusaha mempengaruhi pemirsa dengan menanamkan ideologinya ke benak para pemirsa melalui beragam tayangan yang sudah dikonstruksi sedemikian rupa hingga pemirsa tidak dapat berkutik dan bertekuk lutut pada acara-acara yang sengaja diciptakan dengan “segala cara” demi mendatangkan rating tingggi. Rating tinggi inilah, nantinya bisa mendatangkan iklan sebanyak-banyaknya sebagai penopang finansial terhadap kelangsungan hidupkelancaran penyiarannya.

Kata Kunci: Televisi, Program Acara, Ideologi


References


Daftar Pustaka

Al-Barry, MDJ, “Sofyan hadi, Kamus Il-miah Kontemporer”, Pustaka Se-tia, Bandung, 2000.

Arifin, Eva, “Broadcasting: To Be Broad-caster”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2010.

Barker, Chris, “Cultural Studies: Teori dan Praktik, Penerjemah: Nurhadi”, Kreasi Wacana, Yogyakarta, 2004.

Burton, Graeme, “Media dan Budaya Populer”, Penyadur: Alfathri Adlin, Jalasutra, Yogyakarta, 2008.

Labib, Muh, “Potret Sinetron Indonesia: Antara Realita Virtual dan Realitas Sosial”, Jakarta, 2002.

Mulyana, Dedi, Idi Subandi Ibrahim, “Bercinta dengan Televisi”, Remaja Rosda Karya, 1997.

Susanto, AB, “Potret-Potret Gaya Hidup Metropolis”, Toko Buku Kompas Media Nusantara, Jakarta, 2001.

Rahardi, Kunjana, “Renik-Renik Perada-pan”, Duta Wacana Univercity Press, 2000.

Storey, Jonh, “Teori Budaya dan Budaya Pop: Memetakan Lanskap Konseptual Cultural Studies”, Penyunting: Dede Nurdin, Qalam, Yogyakarta, 2003.

Surbakti, EB, “Awas tayangan Televisi: Tayangan Misteri dan Kekerasan Mengancam Anak Anda”, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2002.

Riswandi, “Dasar-Dasar Penyiaran”, Gra-ha Ilmu, Jakarta, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.