Analisis Faktor-Faktor Yang Menentukan Keputusan Konsumen Dalam Pemilihan Penggunaan Jasa Transportasi Udara Pada Maskapai Penerbangan Eva Air

Suryari Purnama, Rangga Raditya

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menentukan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi maskapai penerbangan EVA Air, serta untuk mengetahui faktor-faktor mana yang paling dominan yang menentukan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi maskapai penerbangan EVA Air. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Reliabilitas dan Uji Cochran. Uji ini digunakan untuk melihat kehandalan dari pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan diberikan kepada responden yang menggunakan jasa transportasi udara maskapai penerbangan EVA Air. Uji Cochran digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan konsumen dalam pembelian ticket Eva Air. Setelah melakukan test yang ke 9 didapat bahwa faktor-faktor yang menentukan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi maskapai penerbangan EVA Air adalah harga tiket yang sesuai dengan pelayanan, harga tiket yang kompetitif dengan Airlines competitor, banyaknya Travel agent resmi untuk EVA Air, kerjasama dengan Travel Agent menyediakan paket wisata menarik, prosedur pembelian tiket yang mudah, SDM yang tangguh, petugas EVA Air cepat dan tanggap dalam menghadapi masalah, cepat tanggap menghadapi keluhan konsumen, petugas EVA Air memberikan informasi secara jelas dan mudah dimengerti, ketepatan waktu keberangkatan pesawat, kepercayaan penumpang tehadap petugas, inisiatif petugas dalam membantu penumpang, Cabin crew yang ramah, kepedulian petugas terhadap keinginan penumpang, kebersihan pesawat, fasilitas pesawat. Faktor yang paling dominan adalah Harga tiket kompetitif dengan airlines competitor.

Kata Kunci: keputusan konsumen, pelayanan, jasa transportasi udara


References


Daftar Pustaka

Bilson Simamora, “Panduan Riset Perilaku Konsumen”, Gramedia, Jakarta, 2002.

Darmadi Durianto, Sugiarto dan Tony Sitinjak, “Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek”, Gramedia, Jakarta, 2001.

Djaslim Saladin dan Yevis Marty Oesman, “Intisari Pemasaran dan Unsur Pemasaran”, Cetakan Kedua, CV Linda Karya, Bandung, 2002

Kotler, Philip dan Armstrong, “Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1” Edisi sembilan, Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2003.

----------, “Manajemen Pemasaran”, Edisi Kesepuluh Millenium, Prenhalindo , Jakarta, 2002.

Nirwana, “Prinsip-Prinsip Pemasaran Jasa”, Dioma, Malang, 2004.

Ratih Huriyati, “Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen”, Alfabeta, Bandung, 2005.

Ristijanti Prasetijo dan Ilhalauw J.J.O.I, “Perilaku Konsumen”, ANDI, Yogyakarta, 2005.

Sugiyono, “Metode Penelitian Bisnis”, Cetakan keempat, Alfabeta, Jakarta, 2005.

------------,“Metode Penelitian Pendidikan”, Cetakan Kedua, Alfabeta, Bandung, 2006.

Umar, Husein, “Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen”, Cetakan Ketiga, Gramedia Pustaka Utama, 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.