Pentingnya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Ari Anggarani Winadi Prasetyoning Tyas

Abstract


Abstrak

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dibanyak perusahaan di Indonesia masih dilihat sebelah mata. Banyak perusahaan yang menganggap masalah K3 adalah masalah ringan yang tidak perlu focus untuk menerapkan manajemen K3 secara khusus. Sumberdaya manusi memegang peranan yang sangat penting dalam proses produksi. Dari semua faktor produksi seperti tenaga manusia, bahan baku, bahan penolong, uang, mesin, metode dan sebagainya, manusia merupakan faktor yang paling utama, bukan saja karena manusia dapat mempengaruhi jumlah mutu produk yang dihasilkan, akan tetapi karena manusia pulalah yang menentukan penggunaan faktor – faktor lain tersebut. Penerapan dengan baik akan regulasi keselamatan dan kesehatan kerja bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga tanggung jawab semua elemen yang terlibat didalamnya seperti pihak perusahaan atau wirausaha, pekerja, dan masyarakat secara keseluruhan. Pihak manajemen perlu proaktif dan raktif dalam pengembangan prosedur dan rencana tentang keselamatan dan kesehatan kerja karyawan. Proaktif berarti pihak manajemen perlu memperbaiki terus menerus prosedur dan rencana sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan. Sementara arti raktif, pihak manajemen perlu segera mengatasi masalah keselamatan dan kesehatan kerja setelah suatu kejagian timbul. Pihak perusahaan dapat menggunakan tingkat derajat keselamatan dan kesehatan kerja yang rendah sebagai faktor promosi perusahaan ke khalayak luas. Artinya perusahaan dinilai sangat peduli dengan keselamatan dan kesehatan kerja.

Kata Kunci : Keselamatan, Kesehatan Kerja, Produktivitas

References


Daftar Pustaka

Ambar Teguh Sulistiyani & Rosidah, “Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik”, Graha Ilmu, Yogyakarta, Cetakan pertama 2003.

Buchari, “Manajemen Kesehatan Kerja dan Alat Pelindung Diri, USU, 2007.

Ikhwan Kunto Alfarisi, “Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Indonesia Saat ini”, September 2008.

Malayu Hasibuan, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Bumi Akasara, Jakarta, Edisi Revisi Februari 2000.

MCM “Multimedia Business Solution”, 30 April 2011.

Sonny Sumarsono, “Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manudia dan Ketenagakerjaan”, Graha Ilmu, Yogyakarta, Cetakan pertama 2003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.