Etnography on Ethnography; Ethnografi anak-anak (Studi Etnografi terhadap Proses Etnografi Sekolah)

Kasyfiyullah Kasyfiyullah

Abstract


Abstrak

Artikel ini merupakan pembahasan mengenai problema dalam menjalani proses etnografi terutama dalam permasalahan melakukan etnografi dengan anak-anak sebagai informannya. Informan merupakan elemen penting yang menjadi sumber informasi dalam penelitian dalam etnografi. Ada beberapa istilah yang sering didengar mengenai informan, istilah yang paling menarik adalah informan sebagai guru bagi etnografer yang berarti bahwa informan merupakan sumber penting dalam setiap kegiatan etnografi. Tulisan ini membahas tentang etnografi terhadap anak-anak sebagai sebuah bentuk pembahasan metodologis dalam proses etnografi karena anak-anak merupakan satu dari tahap perkembangan manusia sebagai individu dan memiliki dunianya sendiri terutama cara berfikirnya. Berbeda dengan manusia yang sudah mencapai tahap dewasa. Anak-anak dalam proses interview membuat tantangan tersendiri karena pada kenyataannya dalam beberapa ‘pembahasan’ mengenai kesadaran pada tahap anak-anak menyatakan bahwa tingkat kesadaran pada anak merupakan kesadaran yang belum sempurna. Ketidak sempurnaan kesadaran tersebut bukan berarti bahwa kesadaran pada anak kurang melainkan masih dalam pembentukan melalui pengalaman dan pelajaran dan diharapkan kesadaran anak terbentuk dengan ‘baik’ dalam penilaian nilai yang berlaku dalam lingkungannya. Artikel ini dibuat dengan metode etnografi terhadap sebuah proses etnografi atau lebih tepatnya sebuah auto etnografi dari pengalaman penulis melakukan proses etnografi.Tujuan dari artikel ini kemudian adalah memaparkan sebuah kemungkinan penerapan sebuah metode penelitian etnografi dengan anak-anak sebagai informan dan kemungkinan permasalah yang timbul dalam proses tersebut. Bisa dikatakan bahwa artikel ini juga sebagai bentuk pengujian metode etnografi.

Kata Kunci: Metode Etnografi, Etnografi Anak-Anak, Informan


References


Daftar pustaka

Blasco, Paloma G,Y and Huon Wardie, “How to Read Etnography, Routledge, New York, 2007.

Emerson, Robert M, Rachel I, Fretz, And Linda L, Shaw, “Writing Ethnographic Fieldnotes”, The University of Chicago Press, Chicago, 1995.

Fetterman, David M, “Ethnography Step by Step”, SAGE Publication, California, 1989.

Geertz, Clifford, “The Interpretation of Culture: Selected Essays”, London, Hutchinson & CO Publisher LTD [bab 1,2,3,7,13,14 dan 15] Alih bahasa oleh Fransisco Budi Hariman, 1992, Tafsir kebudayaan, Kanisius, Yogyakarta, 1976

Hammersley, Martyn, “Etnografi Ruang Kelas”, Suffolks; St, Edmunsbury Press Ltd, 1990.

Hammersley, Martyn and Paul Atkinson, “Ethnography Principles in Practice”, Routledge, New york, 1993

Ricoer, Paul, “From Text to Action; Essays in Hemeneutics”, II, Northwestern University Press, Illinois, 1991

Spradley, James P, “Metode Etnografi”, edisi kedua, Tiara Wacana, Yogyakarta, 2006


Refbacks

  • There are currently no refbacks.