Perancangan Gateway Server Menggunakan Mikrotik Pada Lembaga Development Partner (Ldp) Telematika

Kundang K. Juman

Abstract


Abstrak

Jaringan komputer berbasis Internet sudah sangat dibutuhkan semua kalangan, baik di kantor, kampus, sekolah, atau bahkan usaha warnet dan game online. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mendesain jaringan komputer agar menjadi handal, murah dan efisien.Untuk mengkoneksikan jaringan komputer suatu perusahaan ke Internet sangat dibutuhkan adanya router Router berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain (melalui Internet).Adanya Mikrotik Ruter OS sangat membantu dalam membangun sebuah router dengan menggunakan PC standar.Apalagi dengan krisis ekonomi yang mendera bangsa Indonesia membuat setiap orang/instansi harus meminimalisasikan anggaran belanjanya.Untuk itu Mikrotik Router OS bisa dijadikan solusi dalam hal meminimalisasi biaya pengadaan router untuk sebuah instansi menengah kebawah.Adapun beberapa alasan menggunakan Mikrotik Router OS adalah sebagai solusi dari permasalahan kebutuhan pengaksesan Internet dan mempunyai nilai efisiensi biaya serta fleksibelitas yang tinggi dalam pemeliharan dan pembangunan jaringan, selain itu untuk kedepannya dapat memuahkan komunikasi data antara LSP Telematika dengan LDP Telematika.Oleh karena itu, penulis menggunakan teknologi Mikrotik Router OS tersebut untuk diimplementasikan di LDP Telematika.

KataKunci : efisiensi biaya, membangun router, menengah kebawah


References


Daftar Pustaka

Herlambang, Moch. Linto, Catur L, Azis. “Panduan Lengkap Menguasai Router Masa Depan Menggunakan MikroTik RouterOS™”, ANDI Publisher, Yogyakarta, 2008.

Tanenbaum, Andrew S “.Jaringan Komputer Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1.Prehallindo, Jakarta, 1996.

Saputro, Daniel T, Kustanto, “Membangun Server Internet dengan Mikrotik OS”, Gava Media, Yogyakarta, 2008.

http://www.mikrotik.com/testdocs/ros/2.9/refman2.9.pdf

http://gilar1001.blogspot.com/2008/06/pengewrtian-mikrotik.html

http://asef.wordpress.com/

http://www.ajaib.us/kuliah/mikrotik.pdf

http://images.arrohwany.multiply.com/attachment/0/SE@AdAoKCEMAAB4kVVs1/%5BStep%20by% 20Step%5D%20Buat%20Router%20Mudah%20Dengan%20MikroTik.pdf?nmid=100530525

http://kelasfmjc.files.wordpress.com/2008/03/file.pdf

http://fajar.uii.net.id/

http://www.mikrotik.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.