Penerapan Formula E=Wmc2 di Kaskus (Survey Pada Anggota Group Kaskus Di Facebook)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mencoba melihat bagaimana penerapan komunikasi pemasaran di era ICT terkini, utamanya dalam Gelombang Pemasaran Baru (New Wave Marketing), di mana indikator diturunkan dari formula dasar  E=wMC2.  Formula ini mencoba menggambarkan E sebagai energi marketing luar biasa yang bisa didapatkan dengan cara mengembangkan wM (word of mouth) atau rekomendasi mulut ke mulut antarpelanggan dan C2 adalah customer community (baik bersifat offline maupun online). Dari Formula ini kemudian diturunkan 11 manifesto sebagai indikator utama penelitian. Untuk pengujiannya, penelitian ini melakukan survey secara online kepada anggota group Kaskus di Facebook dengan kuota sampling sebanyak 58 orang. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Formula ini relatif tinggi (57%). Artinya, dengan memanfaatkan media komunikasi pemasaran terkini, Kaskus telah mengembangkan komunikasi pemasaran yang membuat komunitasnya melalui mulut ke mulut turut membesarkan dan mengembangkan Kaskus itu sendiri.  Ini tentunya suatu cara pemasaran yang layak dipelajari dan diterapkan oleh produsen di era komunikasi dewasa ini.
Kata kunci: komunikasi pemasaran, komunitas, media
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Rineka Cipta. Jakarta. 2006.
Kartajaya, Hermawan.“The World is Still Round the Market is Already Flatâ€. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2008
Kartajaya, Hermawan. 2008. “The World is Still Round the Market is Already Flat.†Tersedia : Bisnis Indonesia : (http://web.bisnis.com/kolom/2id1523.html)
Kartajaya, Hermawan.2008. The World is Still Round the Market is Already Flat. Tersedia : Kompas.com : (http:/kompas.com/read/xml/2008/12/10/08203168/welcome.to.the.new.wave.marketing)
Kriyantono, Rachmat, “Teknik Praktis Riset Komunikasiâ€, Kencana Prenada Media Group. Jakarta. 2007
Sugiyono, Prof, Dr. “Metode Penelitian Bisnisâ€. Bandung: CV. Alfabeta. 2008
Sarwono, Jonathan & Hary Lubis “Metode Riset Komunikasi Visualâ€. PT Andi. Yogyakarta. 2007
Hamidi. “Metode Penelitian dan Teori Komunikasiâ€. UPT. UMN Press, Malang. 2007.
Shimp, A. Terennce, “Advertising and promotion & supplemental aspects of integrated communications, sixth editionâ€, Thomson South-Western. Ohio. 2003
Sukmadinata. “Metode Penelitian Pendidikanâ€. Rosdakarya. Bandung. 2006
Vardiansyah, Dani. “Pengantar Ilmu Komunikasiâ€. Ciawi-Bogor Selatan. Ghalia Indonesia. Bogor. 2004
Yuswohady. “Crowdâ€. PT Gramedia Pustaka Utama,Jakarta. 2008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]