Penerapan Formula E=Wmc2 di Kaskus (Survey Pada Anggota Group Kaskus Di Facebook)

Dani Vardiansyah, Frankly Janson Mark Reiner Siregar

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mencoba melihat bagaimana penerapan komunikasi pemasaran di era ICT terkini, utamanya dalam Gelombang Pemasaran Baru (New Wave Marketing), di mana indikator diturunkan dari formula dasar  E=wMC2.   Formula ini mencoba menggambarkan  E sebagai energi marketing luar biasa yang bisa didapatkan dengan cara mengembangkan wM (word of mouth) atau rekomendasi mulut ke mulut antarpelanggan dan  C2 adalah  customer community (baik bersifat offline maupun online). Dari Formula ini kemudian diturunkan 11 manifesto sebagai indikator utama penelitian. Untuk pengujiannya, penelitian ini melakukan survey secara online kepada anggota group  Kaskus di Facebook dengan kuota sampling sebanyak 58 orang. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Formula ini relatif tinggi (57%). Artinya, dengan memanfaatkan media komunikasi pemasaran terkini, Kaskus telah mengembangkan komunikasi pemasaran yang membuat komunitasnya melalui mulut ke mulut turut membesarkan dan mengembangkan Kaskus itu sendiri.  Ini tentunya suatu cara pemasaran yang layak dipelajari dan diterapkan oleh produsen di era komunikasi dewasa ini.

Kata kunci: komunikasi pemasaran, komunitas, media


References


Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Rineka Cipta. Jakarta. 2006.

Kartajaya, Hermawan.“The World is Still Round the Market is Already Flatâ€. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2008

Kartajaya, Hermawan. 2008. “The World is Still Round the Market is Already Flat.†Tersedia : Bisnis Indonesia : (http://web.bisnis.com/kolom/2id1523.html)

Kartajaya, Hermawan.2008. The World is Still Round the Market is Already Flat. Tersedia : Kompas.com : (http:/kompas.com/read/xml/2008/12/10/08203168/welcome.to.the.new.wave.marketing)

Kriyantono, Rachmat, “Teknik Praktis Riset Komunikasiâ€, Kencana Prenada Media Group. Jakarta. 2007

Sugiyono, Prof, Dr. “Metode Penelitian Bisnisâ€. Bandung: CV. Alfabeta. 2008

Sarwono, Jonathan & Hary Lubis “Metode Riset Komunikasi Visualâ€. PT Andi. Yogyakarta. 2007

Hamidi. “Metode Penelitian dan Teori Komunikasiâ€. UPT. UMN Press, Malang. 2007.

Shimp, A. Terennce, “Advertising and promotion & supplemental aspects of integrated communications, sixth editionâ€, Thomson South-Western. Ohio. 2003

Sukmadinata. “Metode Penelitian Pendidikanâ€. Rosdakarya. Bandung. 2006

Vardiansyah, Dani. “Pengantar Ilmu Komunikasiâ€. Ciawi-Bogor Selatan. Ghalia Indonesia. Bogor. 2004

Yuswohady. “Crowdâ€. PT Gramedia Pustaka Utama,Jakarta. 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]