Analisis Pemilihan Media Kampanye Pemasyarakatan Program Saintek LIPI di Radio KBR68H

Suhendra Mulia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mengambil judul, yakni ”Analisis Pemilihan Media Kampanye Pemasyarakatan Program Saintek (Studi Kasus tentang Evaluasi Efek dan Dampak Kegiatan Pemasyarakatan Program Saintek LIPI di Radio KBR68H).  Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui, mengkaji, menganalisis media serta efek dan dampak dari kampanye pemasyarakatan program saintek LIPI di radio KBR68H. Penelitian ini menggunakan metodologi, yakni kualitatif-deskriptif dan metode penelitian menggunakan metode studi kasus. Sedangkan jenis studi kasus yang digunakan adalah studi kasus instrumental, yakni studi atas kasus dengan alasan eksternal, bukan karena ingin mengetahui hakikat kasus tersebut tetapi kasus dijadikan sebagai ’sarana’ untuk memahami hal lain di luar kasus, seperti misalnya untuk membuktikan suatu teori yang sebelumnya sudah ada. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa evaluasi efek dan dampak terhadap kampanye pemasyarakatan program saintek LIPI di radio KBR68H, menunjukan bahwa ternyata perencanaan tidak menargetkan efek dan dampak untuk berhasil, karena langkah awal dari program yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat interes masyarakat terhadap iptek lewat radio. Hasil dari pelaksanaan program tersebut bahwa efek dan dampak, adalah sebagai program awal bisa dikatakan berhasil karena dapat menjaring pendengar berminat iptek. Dengan demikian, LIPI sebagai lembaga pemerintah yang bergerak dalam bidang penelitian dalam kampanye pemasyarakatan program saintek cukup positif respon dari masyarakat pendengar, karena kampanye tersebut menjadi wahana sebagai penyebar  informasi iptek melalui stasiun radio. 

Kata kunci : Analisis Evaluasi Efek  Media Kampanye, Saintek, LIPI


References


Daftar Pustaka

Hardjana, Andre. Audit Komunikasi; Teori dan Praktek. PT. Grasindo, Jakarta, 2000.

Hartjaryo, Widodo. Evaluasi Program Sosialisasi Pemilu 2009 di Bidang Hukum, Pusat Informasi Politik Hukum dan Keamanan (Pusat Informasi Polhukam), BIP, Departemen Komunikasi dan Informatika. Universitas Indonesia, Jakarta, 2009.

Iriantara, Yosal, dan A. Yani Surachman. Public Relations Writing; Pendekatan Teoretis dan Praktis. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2006.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. PT. (Persero) Penerbitan dan Percetakan Balai Pustaka, Jakarta, 2007.

K. Yin, Robert. Studi Kasus; Desain & Metode. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2008.

Littlejohn, Stephen W. Theories of Humasn Communication. BKU Ilmu Komunikasi-Pascasarjana Universitas Padjadjaran, Bandung, 1996.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.

Patton, Michael Quinn. Qualitative Research and Evaluation Methods. Sage Publications. California, 3rd eds, 2002.

Ruslan, Rosady. Metode Penelitian; Public Relations dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2006.

Ruslan, Rosady. Kiat dan Strategi; Kampanye Public Relations. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta, 2008.

Rakhmat, Jalaluddin. Metode Penelitian Komunikasi; Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007.

Santoso. Kantor Berita Radio KBR68H; Gelombang Kebebasan. Kantor Berita Radio 68H, Jakarta, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung, 2006.

Venus, Antar. Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media, Bandung, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.