Analisis dan Perancangan Sistem E-Procurement pada PT. XYZ

Teuku Adriansyah Akhmad, Dimas Apriano, Edi Abdurachman

Abstract


Abstrak

Teknologi digital dan internet banyak bermanfaat khususnya dalam pengolahan data juga dalam berkomunikasi.  Kami meneliti pemanfaatan teknologi ini untuk meningkatkan efektifitas dan efsiensi  sistim pengadaan barang untuk Kami usulkan untuk digunakan di kegiatan perusahan PT. XYZ.PT. XYZ adalah perusahaan dalam kegiatan usaha jasa pemesinan (machining) presisi tinggi atas barang-barang metal, menghasilkan produk-produk presisi yang memenuhi syarat  kategori “safety parts†dalam industri otomotif, yang menggunakan barang habis (consumables) dalam jumlah sangat banyak. Kami teliti bagaimana sistem pengadaan barang habis di PT. XYZ dapat menjadi lebih efektif dan efisen dalam mencapai memenuhi sasaran tepat spesifikasi, tepat jumlah, tepat waktu, serta tepat harga (paling kompetitif).Dengan mengamati dan mempelajari sistem pembelian/ pengadaan barang yang saat ini dijalankan di PT. XYZ dan menganalisanya, diperoleh materi untuk pengembangan sistem yang berujung pada usulan untuk penggunaan sistem pengadaan barang yang dengan pemanfaatan teknologi internet, yang Kami sebut sebagai sistem E-Procurement (Electronic Procurement) yang Kami rancang dengan menggunakan tahapan metode “waterfallâ€.

Kata kunci: e-procurement, procurement, internet


References


Daftar Pustaka

Afuah, Allan, Tucci, Christoper L. 2003, Internet Business Models and Strategies : text and cases. 2nd Edition, McGraw-Hill.

Chaffey, Dave. 2002, E-Business and E-Commerce Management. Pearson Education Limited, Great Britain.

Kalakota, Ravi dan Marcia Robinson. 2001, E-business 2.0 : roadmap for success, Addison – Wasley Pearson Education, Canada.

Kerzner, Harold. 2003, Project Management : A System Approach to Planning, Scheduling, and Controlling, John Wiley & Sons, Inc., New Jersey.

Laudon, Kenneth C. And Jane P. Laudon. 2002, Management Information System. 7th Edition. Irwin / Mcgraw - Hill. Amerika Serikat.

Macloed, Raymond.Jr, dan George Schell. 2001, Management Information System. 8th Edition. Prentice-Hall.

Mulyadi. 2001, Sistem Akuntansi, edisi ke-3. Salemba Empat. Jakarta.

Rayport, Jeffrey F dan Jaworski, Bernard J. 2003, Introduction to E-Commerce, International Edition. MCgraw-Hill, New York

Turban, Efraim, at al. 2002, Electronic E-commerce : A Management Perspective. International Edition, Prentice-Hall.

Turban, Efraim, David King, Jae Lee, Dennis Viehland. 2004, Electronic commerce : a managerial perspective. Prentice Hail, New Jersey.

Turban, Efraim, at al. 2006, Information Technology for Management : Transforming Organizations in The Digital Economy. 5th Edition. John Wiley & Sons.

Valavich, Joseph .S, George, Joey.F, and Hoffer, Jeffrey. 2001, A Essential of System Analysis and Design. Prentice-Hall.

Whitten, Jeffrey L., Lonnie, Bentley D, dan Dittman, Kevin C. 2004, System Analysis and Design Method. 6th Edition. International Edition. McGraw-Hill.

Wikipedia. 2009, Internet [Online] Available : http://id.wikipedia.org/wiki/Internet [2009, March 3rd]

Wikipedia. 2009, Situs Web [Online] Available : http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web [2009, February 8]

Wikipedia. 2009, Procurement [Online] Available : http://en.wikipedia.org/wiki/Procurement, [2009, March 4]

Pengadaan Nasional Bappenas, [Online] Available : http://www.pengadaannasional-bappenas.go.id/eproc/app [2008]

Pengadaan Nasional Bappenas, [Online] Available : http://www.pengadaannasional-bappenas.go.id [2008]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]