Studi Pengaruh Suhu Dan Tekanan Udara Terhadap Daya Angkat Pesawat Di Bandara Sultan Babullah Ternate (1981-2008)

Akhmad Fadholi

Abstract


Abstrak

Dalam operasi penerbangan ada tiga tingkat (fase) yang sangat penting dan berhubungan dengan meteorology yaitu lepas landas (take off), penerbangan, dan mendarat (landing). Ketiga fase tersebut memerlukan informasi meteorologi. Dalam hal ini sejumlah unsur meteorologi dapat berpengaruh terhadap kemampuan pesawat terbang pada saat-saat kritis. Diantara unsur yang dapat menunjang kelancaran ketiga fase di atas adalah suhu dan tekanan udara, dimana unsur cuaca tersebut harus dimengerti dan diperhitungkan. Suhu dan tekanan udara merupakan dua unsure meteorologi yang saling terkait, karena tekanan udara bersama-sama dengan suhu akan menentukan kerapatan udaranya dan selanjutnya akan menentukan daya angkat pesawat terbang. Hasil penelitian di bandara Sultan Babullah Ternate menunjukkan bahwa pengaruh suhu dan tekanan udara sangat kuat terhadap daya angkat  (lift) pesawat. Menggunakan data F-Klim 71 sejak tahun 1981 hingga 2008, suhu udara mempunyai pengaruh terkuat di bulan Maret dan September dengan nilai 99.42% dan 99.40%.  Tekanan udara mempunyai pengaruh terkecil pada bulan Maret dan September dengan nilai 0.10 dan 0.582%. Secara bersama-sama, suhu dan tekanan udara mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap daya angkat sepanjang tahun yaitu 99.99%.

Kata kunci: daya angkat, penerbangan, suhu udara

 


References


Daftar Pustaka

Handoko, Klimatologi dasar Pustaka jaya, Bogor.

Riduwan, Drs. M.BA . Dasar – dasar statistika. Alfabeta, Bandung.

Sujarwo, 2006. Pengaruh Suhu udara Terhadap Daya Angkat Pesawat di Bandara Hasanuddin Makassar . Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Rosiydah. 2006. Study Kasus Tinjauan Pengaruh Cuaca Terhadap Operasi Penerbangan Khususnya Di Daerah Cengkareng. Skripsi. Badan Diklat Meteorologi dan Geofisika, Jakarta.

Soepangkat. 1992. Pengantar Meteorologi. Badan Diklat Meteorologi dan Geofisika, Jakarta.

Soeyitno dan Soeharsono. 1981. Meterologi Penerbangan . Badan Diklat Meteorologi dan Geofisika, Jakarta.

Swarinoto, Yunus S, & Widiastuti, Maria. 2003. Uji Statistika Terhadap Persamaan Eksperimental Untuk Menghitung Nilai Suhu Udara Permukaan Rata-rata Harian, Jurnal Meteorologi dan Geofisika Vol 3. No.3 Juli-September.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.