Pengaruh Faktor Demografi Dan Karakteristik Pribadi Terhadap Keinginan Berwirausaha Mahasiswa Universitas Esa Unggul

Rojuaniah Rojuaniah

Abstract


Abstrak

Generasi muda harus dibimbing sejak dini untuk mengembangkan kepemimpinannya terlebih di bidang kewirausahaan. Hal inilah yang nantinya dapat mengembangkan potensi soft skill yang dimiliki. Dengan Soft Skill yang ditanamkan baik itu melalui pelatihan ataupun pendidikan kewirausahaan secara langsung akan melahirkan generasi muda dengan jiwa wirausaha dan kepemimpinan yang berkarakter. Mereka mampu menciptakan dan tentu saja mengembangkan bisnis dengan inovasi-inovasi yang terbarukan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh faktor demografi dan karakteristik pribadi terhadap keinginan berwirausaha pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Populasi peneliian adalah mehasiswa Universitas Esa Unggul. Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis profil responden dan tanggapan responden terhadap tiap item pertanyaan dalam kuesioner. Sedangkan analisis kuantitatif yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  karakteristik peribadi yaitu Keinginan untuk berprestai, Efikasi Diri, Locus of Control dan Kesiapan Instrumen berpengaruh terhadap keinginan mahasiswa untuk berwirausaha. Berdasrkan hasil analisis faktor demografi didapat bahwa  jenis kelamin, usia, pekerjaan orang tua dan pendidikan orangtua  tidak menunjukkan adanya perbedaan yang berarti terhadap keinginan untuk  berwirausaha, sedangkan lingkungan keluarga mempengaruhi keinginan berwirausaha pada  mahasiswa.

Kata kunci: wirausaha, karakteristik pribadi, keinginan berwirausaha 


References


Daftar Pustaka

Bandura, A., The Social Foundation of Tought and Action, Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall. New Jersey 1986

Bygrave, William D and Andrew Zacharakis, The Portable MBA In Entrepreneurship, John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey. 4th Ed (p.3) New Jersey 2010

Bygrave, William D and Andrew Zacharakis, Entrepreneurship, John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey. Second Edition (p.3) New Jersey, 2011

Buchari Alma, Kewirausahaan, Alpabeta, Bandung, 2010

Chenube, Olufunke Oluseyi, Saidu, Rosemary, Fehintola, Omumu Florence Chiedu & Omomoyesan, Mary Bose, 2011, Assessing The Entrepreneurial Inclination Of University Students In Delta State, Ife PsychologIA; 19(2), 2011

Cromie, S., 2000. “Assessing entrepreneurial inclinations: some approaches and empirical evidence”. European Journal of Work and Organizational Psychology 9(1): 7-30. 2000

Elizabeth J. Rozell, Kenneth E. Meyer, Wesley A. Scroggins and Aimin Guo, 2011, Perceptions of the Characteristics of Successful Entrepreneurs: An Empirical Study in China, International Journal of Management Vol. 28 No. 4 Part 1 Dec 2011

Hacket, G. dan N. E. Betz, “Application of self-efficacy theory to understanding career choice behavior”. Journal of Social Clinical and Phsycology 4: 279-289, 1986.

H. Ahmad Mushtaq, C.S.K. Niazi, Ahmed Imran Hunjra, Kashif-Ur-Rehman, Planned Behavior Entrepreneurship And Intention To Create A New Venture Among Young Graduates, Management & Marketing Challenges for the Knowledge Society (2011) Vol. 6, No. 3, pp. 437-456, 2011

Hendro, Kewirausahaan, Penerbit Erlangga, Jakarta 2011

Hisrich, Robert. D., Peters M.P., Entrepreneurship. Irw in. Chicago, 1995

Indarti, N., “Factors affecting entrepreneurial intentions among Indonesian students”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 19 (1): 57-70. 2004

John H. Batchelor, Shanan G. Gibson, Michael L. Harris and Leo R. Simpson, 2011, Comparison of Ethical Behavior: Individual Perceptions and Attitudes Toward Entrepreneurs, Journal of Leadership, Accountability and Ethics vol. 8(5) 2011

Kao, John. 1998. Entrepreneurship, A Wealth Creativity and Organization: Text, Cases. And Reading. Ewnglewood Cliff, New Jersey. Prentice Hall, New Jersey 1998

Kristiansen, S., 2001. “Promoting African pioneers in business: what makes a context conducive to small-scale entrepreneurship?”. Journal of Entrepreneurship 10 (1): 43-69.

M. Kathleen Thomas, 2009, The impact of education histories on the decision to become self-employed: a study of young, aspiring, minority business owners, Small Bus Econ (2009) 33:455–466, 2009

Natalia Martin Cruz, Ana Isabel Rodriguez Escudero, Juan Hernangomez Barahona and Fernando Saboia Leitao, 2009, The effect of entrepreneurship education programmes on satisfaction with innovation behaviour and performance, Journal of European Industrial Training Vol. 33 No. 3, 2009 pp. 198-214

Wan-Yu Chen, Calvin S. Weng dan Hui-Ying Hsu, 2010, A study of the entrepreneurship of Taiwanese youth by the Chinese Entrepreneur Aptitude Scale, Journal of Technology Management in China Vol. 5 No. 1, 2010 pp. 26-39

Sirec, Karin dan Mocnik, Dijana, 2010, How Entrepreneurs' Personal Characteristics Affect SMES' Growth Nase Gospodarstvo : NG; 2010; 56, 1/2; ABI/INFORM Complete, 2010

Yu-Fen Chen And Ming-Chuan Lai, 2010, Factors Influencing The Entrepreneurial Attitude Of Taiwanese Tertiary-Level Business Students , Social Behavior And Personality, 2010, 38(1), 1-12 © Society For Personality Research (Inc.) Doi 10.2224/Sbp.2010.38.1.1

Yuyus Suryana dan Kartib Bayu, 2010, Kewirausahaan, Prenada Media Group, Jakarta, 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.