Penerapan 5 Pilar Tata Kelola Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Di Indonesia

Adrie Putra

Abstract


Abstrak

Penelitian ini  bertujuan untuk melihat penerapan dari Good Corporate Governance, yang ada melalui pengukuran dengan model Indek Penerapan Corporate Governance (IPCG) pada industry Perbankan. Model ini diharapkan menjadi kajian empiris atas Theory Agency yang ada, baik dilihat dari aspek principal sebagai pemilik perusahaan maupun agen sebagai pengelola perusahaan. Penerapan model ini diharapkan dapat mampu memberikan informasi yang relevan bagi pengguna dilihat dari teori keagenan. Subjek penelitian yang dipilih adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI pada Tahun 2008 sampai dengan 2012. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksplanatori (explanatory research), karena penelitian ini berusahan memberikan penjelasan pengaruh antar variabel melalui pengujian hipotesis Penelitian ini juga termasuk penelitian kausal karen penelitian ini dirancang untuk mengidentifikasi hubungan sebab akibat antar variabel yang diteliti. Hubungan kausal yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh GCG terhadap CAMEL,PBV, Pengaruh Earning Management terhadap CAMEL,PBV, dan pengaruh Pengungkapan Laporan Keuangan terhadap CAMEL, PBV. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Alasan dari pemakaian analisi jalur ini adalah didasarkan atas pertimbangan bahwa analisis jalur memiliki kemampuan menggabungkan multidimensi secara simultan dan efisien. Analisis jalur digunakan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan teknil Partian Least Square (PLS). Pada penelitian ini ditemukan bukti bahwa penerapan Good Corporate Governance menjadi factor yang penting bagi nilai sebuah perusahaan. Penerapan Good Corporate Governance merupakan kunci bagi peningkatan nilai perusahaan tidak secara langsung, tetapi dengan penerapan Good Corporate Governance terbukti mampu menurunkan tingkat praktek earning management.

Kata Kunci : good corporate governance, earning management, pengungkapan  laporan keuangan

 


References


Daftar Pustaka

Amanti. Lutfilah, Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Rokok Yang Terdaftar Di BEI, 2012.

Anwar, Arif Budiman, Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Kualitas Pengungkapan Informasi Terhadap Return Saham, 2010, Tesis.

Ernawati, Zeni. Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Harga Saham Awal Dan Akhir Tahun Perusahaan Transportasi Di Indonesia. Skripsi. Malang. 2008.

Haris Wibisono. (2004). Pengaruh Earnings Management Terhadap Kinerja Di Seputar SEO.Tesis S2. Magister Sains Akuntansi UNDIP. Tidak dipublikasikan

Hermanto, Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Earning Management (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing Di BEI, 2011. Diakses (http://hermantomario.blogspot.com/2011/06/pengaruh-good-corporate governance.html).

Laila, Noor. Analisis Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2009. Skripsi. Semarang. 2011.

Mintara, Yunita Heryani, Pengaruh Implementasi Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Informasi, Skripsi, 2008

Oktafia, Yufenti. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba. Malang.

Pratama, Ari , Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2006-2008), Tesis, 2008.

Rahmawati, Model Pendeteksian Manajemen Laba Pada Industri Perbankan Publik Di Indonesia dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perbankan, Jurnal Akuntansi Manajemen, Vol. XVIII No.1.

Rama, R. S. Manajemen Laba (Earning Management) Dalam Perspektif Etika Hedonisme.. Universitas Brawijaya.

Richardson, Vernon J. (1998). Information Asymmetry an Earnings Management: Some Evidence. Working Paper, 30 Maret

Silitonga, I. M. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governnace Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Moderating; Studi Pada Perusahaan Yang Tergabung Indeks LQ-45 Di Bursa Efek Indonesia. Tesis. Medan. 2012. Diakses http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/32317.

Susanti, Rika, Analisis Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Go Public Yang Listed Tahun 2005-2008). Skripsi. Semarang, 2010.

Sutrisno, Pengaruh earning Management Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Mekanisme Corporate Governance Sebagai Moderating Variabel. Skripsi. Semarang. 2010.

Trihapsari, Elisa. Analisis Korelasi Antara Penerapan Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Dengan Manajemen Laba Pada Emiten Di BEJ, Tesis, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.