Pengaruh Stres Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan

Ari Anggarani Winadi Prasetyoning Tyas

Abstract


Abstrak

Dalam perkembangan ekonomi yang cepat, serta persaingan dalam dunia kerja, persaingan dalam karier, perampingan perusahaan, PHK, merger dan bangkrutnya beberapa perusahaan serta hal lainnya sebagai akibat dari krisis yang berkepanjangan telah menimbulkan dampak yang sangat merugikan bagi ribuan bahkan jutaan tenaga kerja, hal ini mengakibatkan  timbulnya gejala stress dikalangan karyawan dari waktu ke waktu. Stress dapat membantu atau merusak prestasi kerja, tergantung seberapa besar tingkat stress itu. Bila tidak ada stress, tantangan kerja juga tidak ada dan prestasi kerja cenderung menurun, sebaliknya sejalan dengan meningkatnya stress prestasi kerja cenderung naik, karena stress membantu karyawan utuk mengarahkan segala sumber daya dalam memenuhi kebutuhan kerja. Untuk menghindari dampak negatife dari stress, kepekaan seorang pimpinan terhadap perilaku karyawannya merupakan salah satu modal dalam rangka lebih memberdayakan karyawannya dengan baik.

Kata kunci: stress kerja, persaingan, prestasi kerja


References


Daftar Pustaka

Ambar Teguh Sulistiyani & Rosidah, “Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik”, Graha Ilmu, Yogyakarta, Cetakan pertama 2003.

Dian Wijayanto, “Pengantar Manajemen”, Kompas Gramedia, Jakarta, 2012

Edy Sutrisno, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, Edisi Pertama, 2009

H. Hadari Nawawi, “Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif”, Gadjah Mada University Press, cetakan kelima 2003.

H. Malayu S.P. Hasibuan “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Bumi Aksara, Edisi Revisi, Jakarta, Cetakan Cetakan Kelima 2002.

Stress dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Kerja Karyawan, Dr. S. Eko Putro Widoyoko, M.Pd, Jurnal Ekonomi 2002.

Sonny Sumarsono, “Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manudia dan Ketenagakerjaan”, Graha Ilmu, Yogyakarta, Cetakan pertama 2003

Soekidjo Notoatmodjo, “Pengembangan Sumber Daya Manusia” Rineka Cipta, Jakarta, Edisi Revisi 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.