Perancangan Jaringan Komputer (500 user) pada PT ABC dengan Mengacu kepada Pedoman Cisco Security Architecture for Enterprise

Kundang K. Juman

Abstract


Abstrak

Pada era globalisasi dimana informasi menjadi hal yang dibutuhkan dan penting bagi semua kalangan, membuat informasi menjadi hal yang sangat berharga. Untuk mendapatkan informasi terdapat berbagai macam cara, salah satunya adalah internet. Proses bisnis di era globalisasi ini sangat tergantung dengan keberadaan internet, beberapa contoh nyata yaitu dengan internet karyawan perusahaan dapat bertukar data dan informasi dengan cepat melalui fasilitas e-mail sebagai pengganti surat tradisional. Karyawan perusahaan juga dapat melakukan transaksi data secara langsung (real-time transaction) sehingga didapatkannya efisiensi waktu dan tenaga yang hasil akhirnya akan berdampak langsung terhadap produktivitas perusahaan. Dengan kemudahan - kemudahanyang ditawarkan oleh internet menjadikan internet dianggap sebagai fasilitas yang wajib disediakan oleh perusahaan moderen untuk mendukung proses bisnis nya.Untuk dapat memanfaatkan kelebihan - kelebihan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dibutuhkan jaringan komputer yang handal agar proses bisnis perusahaan tidak terganggu dan berjalan dengan baik dan maksimal. Untuk mendapatkan jaringan komputer yang handal dibutuhkan suatu rancangan yang tepat dengan mempertimbangkan kebutuhan – kebutuhan perusahaan. Pastinya kebutuhan suatu perusahaan dengan perusahaan yang lain akan berbeda – beda, sehingga dibutuhkan rancangan yang berbeda pula. Kesalahan dalam  melakukan perancangan jaringan pada nyatanya sering terjadi, salah satu kesalahan yang umum terjadi adalah perancangan jaringan yang tidak mempertimbangkan perkembangan perusahaan karena berbagai hal salah satu alasannya adalah untuk menekan biaya. Oleh karena itu saat perusahaan berkembang dan melakukan penambahan – penambahan perangkat serta karyawan, namun dari sisi jaringan komputer sudah tidak dapat mengakomodir hal tersebut dan mengakibatkan terjadinya berbagai gangguan - gangguan. Hal inilah yang dialami oleh PT ABC, dimana perusahaan saat ini telah mempekerjakan karyawan sebanyak 500 orang. Untuk menyelesaikan permasalahan – permasalah dalam jaringan mereka, PT ABC memutuskan untuk melakukan perancangan ulang jaringan untuk kantor pusatnya di Jakarta.   Berdasarkan permasalahantersebut penulis mencoba untuk merancang suatu jaringan yang tepat dan handal yang diharapkan dapat mengatasi kesulitan yang dihadapi PT ABC.

Kata kunci: jaringan komputer, perancangan, tepat dan handal


References


Daftar Pustaka

Amoss,JohnJ.&Minoli,Daniel.(2008). HandbookofIPv4toIPv6Transition: Methodologies for Institutional and Corporate Networks. Taylor & Francis Group, Boca Raton.

Anonim.Cisco Certified Network Associate Curriculum.(2008). Cisco Network Academy.

Brian K, Williams & Sawyer, Stacey C. (2005). Using Information Technology Practical Introduction to Computers & Communications. McGraw Hill, New York, USA.

Ciccarelli, P., & Faulkner,C. (2004). Networking Foundation. San Francisco, London, SYBEX.

McLeod, R., & Schell, G. (2007). Management Information System 10th Edition. Pearson Education, USA.

McQuerry,Steve.(2008a).AuthorizedSelf-StudyGuide:InterconnectingCiscoNetworkDevices, Part 1 (ICND1), Second Edition. Cisco Press, Indianapolis.

Miller, P., & Cummins, M. (2000). Lan Technologies Explained Networking Series. Digital Press.

Stallings, W. (2004). Data and Computer Communications. 7th edition. Prentice Hall, New Jersey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.