PENGARUH BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN PERAN MEDIASI BRAND LOVE DAN BRAND TRUST
Abstract
Setiap perusahaan penting untuk menjaga hubungan dengan konsumennya. Hal itu bisa didapatkan dengan membangun brand loyalty antara perusahaan dengan konsumen. Brand experience yang baik, brand love yang positif, dan brand trust yang tinggi berperan dalam membentuk brand loyalty pada diri konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari brand experience, brand love, dan brand trust, terhadap brand loyalty dan juga menganalisis pengaruh brand experience terhadap brand loyalty melalui mediasi brand love dan brand trust. Penelitian ini dilakukan di wilayah Bekasi dengan desain penelitian deskriptif kausalitas dengan metode kuantitatif dan menggunakan teknik pusposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari 170 responden yang menggunakan laptop Asus. Model konseptual penelitian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS). Pada penelitian ini ditemukan bahwa brand experience berpengaruh positif terhadap brand love, brand trust, dan brand loyalty. Kemudian brand love berpengaruh positif terhadap brand trust, brand trust berpengaruh positif terhadap brand loyalty. Pada penelitian ini variabel brand love dan brand trust juga berperan sebagai mediasi pada hubungan antara brand experience dan brand loyalty. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah menambahkan atau menggunakan merek laptop lain sebagai perbandingan dan juga menambahkan variable yang relevan.
Kata kunci: Brand Experience, Brand Love, Brand Loyalty, Brand Trust
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]