DAMPAK PARA-SOCIAL INTERACTION DIGITAL INFLUENCER TERHADAP PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH CONTENT QUALITY DAN ATTITUDE TOWARDS SPONSORED POST

Shovi Ananda Agustin, Diana Fajarwati

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh interaksi parasosial dengan digital influencer terhadap niat beli, yang dimediasi oleh kualitas konten dan sikap terhadap postingan bersponsor. Fokus penelitian adalah pada pengguna aktif TikTok /Instagram yang mengikuti Beauty Influencer. Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman lebih dalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi niat beli pada produk beauty care maupun kosmetik yang direkomendasikan oleh influencer digital. Penelitian ini menggunakan model SEM (Structural Equation Modeling) dengan Smart PLS 3 untuk mengeksplorasi hubungan sebab-akibat antara praktik kegiatan. Hasil menunjukkan bahwa faktor Expertise berdampak signifikan pada niat beli, sementara Similarity memiliki pengaruh yang kurang signifikan. Mayoritas responden adalah perempuan berusia 17-22 tahun yang aktif mengikuti konten beauty influencer.

 

Kata kunci: interaksi parasosial, influencer digital, niat beli, kualitas konten, beauty influencer


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]