ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER MEDIA SOSIAL TERHADAP PURCHASE BEHAVIOR PRODUK SMARTPHONE MELALUI PURCHASE INTENTION

Anak Agung Ketut Diatmika, Yus Antony

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas influencer media sosial terhadap purchase intention, serta pengaruh purchase intention terhadap purchase behavior produk smartphone. Penelitian ini dilatarbelakangi karena semakin meningkatnya penggunaan influencer sebagai strategi pemasaran digital, kredibilitas influencer yang diukur dari dimensi trustworthiness, expertise, attractiveness, dan social media engagement. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 145 responden di Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trustworthiness, expertise, dan attractiveness influencer berpengaruh positif terhadap purchase intention, sementara social media engagement tidak berpengaruh. Purchase intention berpengaruh positif terhadap purchase behavior. Sehingga, penelitian ini dapat memberikan kontribusi untuk memberikan wawasan bagi perusahaan untuk memilih influencer yang kredibel dapat dipercaya. Kata kunci: Influencer, trustworthiness, expertise, social media engagement,Purchase intention, purchase behavior.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]