FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI IBU MEMBAWA ANAK KE POSYANDU DALAM PELAKSANAAN PIN DI JORONG RAJAWALI NAGARI TIGO JANGKO WILAYAH KERJA PUSKESMAS LINTAU BUO II

Zulmarnis Zulmarnis

Abstract


Abstract

Toddlers are not obedient to visit posyandu by 30%. As a result of visits to posyandu not reaching 100% there are many children who are not immunized or immunized. Less immunization coverage resulted in extraordinary events (Sri and Oki, 2017). This research design is correlation with cross sectional approach, that is to knew the factors that influence mother motivation to bring children to posyandu. The sample is 23 people. This research was conducted in Jorong Beringin Sakti Nagari Taluk in Lintau Buo II Community Health Center, year 2017. The result showed that education influenced mother's motivation to bring children to posyandu (p-value <α: 0,05). While the factors of age, occupation, and knowledge have no effect on the motivation of mother to bring child to posyandu (p-value> α: 0,05). It is expected that officers to pay attention to mother education when motivated to bring children to posyandu. For the next research is expected to examine other factors related to mother's motivation to bring children to posyandu.

Keyword : mother’s motivation, education, posyandu

 

Abstrak

Balita tidak patuh berkunjung ke posyandu sebesar 30%. Akibat kunjungan ke posyandu tidak mencapai 100% terdapat banyak balita yang tidak imunisasi atau yang tidak lengkap imunisasi. Cakupan imunisasi yang kurang mengakibatkan kejadian luar biasa (KLB) (Sri dan Oki, 2017). Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional, yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi ibu untuk membawa anak ke posyandu. Sampel berjumlah 23 orang. Penelitian ini dilakukan di Jorong Beringin Sakti Nagari Taluk di wilayah kerja Puskesmas Lintau Buo II tahun 2017. Hasil penelitian diketahui bahwa pendidikan berpengaruh terhadap motivasi ibu membawa anak ke posyandu (p-value < α: 0,05). Sementara faktor usia, pekerjaan, dan pengetahuan tidak berpengaruh terhadap motivasi ibu membawa anak ke posyandu (p-value> α: 0,05). Diharapkan kepada petugas untuk memperhatikan Pendidikan ibu saat memotivasi agar membawa anak ke posyandu. Untuk penelitian berikutnya diharapkan mengkaji faktor lain yang berhubungan dengan motivasi ibu membawa anak ke posyandu.

 

Kata kunci : motivasi ibu, Pendidikan, posyandu


References


Daftar Pustaka

Kemkes RI (2012). Ayo Ke Posyandu setiap Bulan Kemkes RI :Jakarta: Promkes kemkes RI

Retno, Veriani, Febriana (2014). Kepatuhan Kunjungan Posyandu dan Status Gizi Balita di Posyandu Karangbendo Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Ners dan Bidan Indonesia ISSN2354-7642. JNKI, Vol. 2, No. 3, Tahun 2014, 141-146

Rarastiti, C. N., & Syauqy, A. (2014). Hubungan Karakteristik Ibu, Frekuensi Kehadiran Anak ke Posyandu, Asupan Energi dan Protein dengan Status Gizi Anak Usia 1-2 Tahun(Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Sihotang, H. M., & Rahma, N. (2017). Faktor Penyebab Penurunan Kunjungan Bayi di Posyandu Puskesmas Langsat Pekanbaru Tahun 2016. Jurnal Endurance, 2(2), 168-177.

Sri, Oki (2017) Imunisasi Campak dan Rubella MR di Tengah pro-Kontra Vaksinasi. http://www.bbc.com/indonesia/indonesia-41144515

Tranmianingsih, L. (2013). Faktor penyebab ketidakhadiran ibu yang memiliki balita ke posyandu di desa banjar seminai kecamatan dayun kabupaten siak.




DOI: https://doi.org/10.47007/ijnhs.v2i2.2316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.