PENDEKATAN KELUARGA DAN SEKOLAH SOLUSI UNTUK MASALAH DIARE PADA ANAK: STUDY KASUS

ikbal fradianto

Abstract


Latar Belakang: Masalah diare masih saja terjadi di Indonesia, diare yang merupakan salah satu masalah yang disebabkan oleh perilaku hidup bersih dan sehat lebih kerap terjadi pada anak-anak. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji menggunakan model community as partner sehingga dapat menggali secara dalam penyebab masalah dan mengetahui bentuk program yang sesuai untuk daerah yang dikaji terhadap masalah diare pada anak.

Metode: pada penelitian ini mengkaji masalah diare pada anak usia sekolah dengan menggunakan model community as partner dan memberikan perencanaan masalah dengan menggunakan konsep perencanaan mclaughing pada salah satu daerah di Kalimantan Barat.

Hasil : hasil pengkajian didapatkan bahwa masalah diare disebabkan oleh masalah kesehatan air bersih dan sanitasi yang merupakan goals ke enam dari target SDGs. Masalah ini direncanakan untuk penyelesaiannya dapat menggunakan konsep pendekatan keluarga dan pendekatan sekolah sebagai wilayah komunitas yang paling terpapar oleh anak usia sekolah dengan beberapa program perencanaan didalamnya. Dengan menjalankan program ini dapat menurunkan baiaya kesakitan yang jauh lebih besar dengan menggunakan perhitungan ekonommi kesehatan.

Kesimpulan : berdasarkan hasil yang ditemukan penyebab masalah kesehatan yaitu diare pada anak usia sekolah oleh air bersih dan sanitasi tentunya dapat direncanakan dengan program pendekatan keluarga dan sekolah, hal ini dapat menjadi masukan program yang bermakna untuk dapat dijalankan dan diterapkan sehingga dapat mencegah timbulnya masalah diare pada anak usia sekolah dan menurunkan pengeluaran biaya jaminan kesehatan

 

 

Kata Kunci : keperawatan, keluarga, sekolah, anak, diare, perencanaan




DOI: https://doi.org/10.47007/ijnhs.v5i01.3082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.