Penerapan Telenursing dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Keperawatan Home Care: Kajian Literatur

Royani Royani, Mira Asmirajanti, Anita Sukarno

Abstract


Latar Belakang : Bertambahnya peduduk dan meningkatnya penyakit degeneratif menyebabkan semakin besarnya kebutuhan akan pelayanan kesehatan. Pelayanan rehabilitasi untuk penyakit degeneratif membutuhkan cukup banyak waktu sehingga pelayanan kesehatan dirumah dibutuhkan sebagai inovasi pelayanan yang disebut keperawatan home care. Teknologi dimanfaatkan untuk memudahkan proses pelayanan dalam keperawatan home care, teknologi tersebut digunakan dalam melaksanakan proses keperawatan disebut dengan telenursing. Selain memudahkan pelayanan teknologi juga bermanfaat untuk meningkatkan kuliatas pelayanan keperawatan home care. Tujuan penelitian : adalah untuk mengetahui penerapan telenursing dalam pelayanan keperawatan home care dan mengidentifikasi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dalam penerapan telenursing di pelayanan keperawatan home care. Metode : Penelitian ini menggunakan metode Literature Review sebanyak

22 artikel dengan menggunakan database Google Scholar dan Pubmed. Hasil : Penerapan telenursing dalam pelayanan keperawatan home care terdiri dari monitoring, konsultasi, edukasi dan pengkajian, media yang digunakan dalam penerapan tersebuut yaitu handphone. Penerapan telenursing tersebut mempengaruhi kulaitas pelayanan mulai dari aspek bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Kesimpulan : Penerapan telenursing cukup efektif di terapkan dalam pelayanan keperawatan home care, perawat dan klien beserta keluarganya dapat berinteraksi dan berkonsultasi dengan nyaman meskipun secara jarak jauh, dan klien dapat menghemat biaya karena proses pelayanan dilakukan melalui handphone.


References


Asmirajanti, M., Hamid, S. Y. A., & Hariyati, T. S. (2017). Clinical care pathway strenghens interprofessional collaboration and quality of health service: a literature review, 27, 240– 244.

Anjaswarni, Tri. (2016). Komunikasi Dalam Keperawatan. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2018). Laporan Survei Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Polling Indonesia.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Pusat Statistik dan United Nations Population Fund. (2013). Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035. Jakarta : Badan Pusat Statistik




DOI: https://doi.org/10.47007/ijnhs.v6i1.3981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.