Pengaruh Health Education Dengan Metode Audiovisual Film Animasi Terhadap Perilaku Patuh Protokol Kesehatan Di SDN 006 Tanjungpinang Timur

Raja Heny Musliha, Syamilatul Khariroh, Ernawati Ernawati

Abstract


Coronavirus salah satu penyakit baru dan mematikan yang sangat mudah menular pada manusia, bisa menyebabkan gangguan pernapasan dari ringan hingga berat. Cara terbaik untuk memutuskan rantai penularan virus dengan meningkatkan perilaku sehat pada siswa SD melalui health education, dikarenakan pada siswa SD masih banyak yang belum tahu dan tidak mematuhi protokol kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh health education dengan metode audiovisual film animasi terhadap perilaku patuh protokol kesehatan di SDN 006 Tanjungpinang Timur. Desain penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan quasi eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest design, jumlah responden sebanyak 75 orang dengan teknik sampling strafied random sampling. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis data penelitian menggunakan uji Paired T-test dengan signifikansi < 0.05. Hasil penelitian didapatkan dari sebelum dan sesudah dilakukan health education terhadap perilaku patuh anak SD terdapat perubahan nilai mean 9.22, bahwa ada pengaruh health education dengan metode audiovisual film animasi terhadap perilaku patuh prtotokol kesehatan di SDN 006 Tanjungpinang Timur dengan p- value 0.000 (< 0.05). Saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti kepatuhan protokol kesehatan 6M dengan metode visual gerak pada semua tingkat pendidikan serta melakukan observasi terhadap protokol kesehatan 6M.

Kata Kunci: Audiovisual Film Animasi, Health Education, Perilaku Patuh, Protokol Kesehatan, Siswa SD

References


Kemenkes. (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Kementrian Kesehatan, 5, 178.

Kusumadewi, S., Hardjajani, T., & Priyatama, A. N. (2012). Hubungan antara Dukungan Sosial Peer Group dan Kontrol Diri dengan Kepatuhan terhadap Peraturan pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 1(2), 1–10.

Lumongga, V, et al. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Audiovisual Terhadap Pengetahuan Tentang Covid-19 Pada Siswa Kelas 3 SD.

Maulana, Ilham. (2021). Sekolah Di Padang Mulai Abaikan Protokol Kesehatan. https://www.beritasatu.com.

Prima et al. (2020). Studi Kasus: Gambaran Kepatuhan Protokol Kesehatan COVID-19 Terhadap Anak Usia Sekolah. Program Profesi Ners Keperawatan Andalas 2021.

Safitri, D, et al. (20210. Gambaran Penerapan Protokol Kesehatan Terkait COVID-19 Pada Pegawai Kantor Kesehatan Pelabuhan. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal).

Utomo, Priyatno A. (2020). https://www.kompas.com/global/read/wuhan-catatkan-infeksi-pertama-virus-corona.

World Health Organizazion. (2021). Coronavirus Disease (COVID-19) Pandemic.




DOI: https://doi.org/10.47007/ijnhs.v8i1.5917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.