HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DENGAN PENYAKIT JANTUNG DI HIGH CARE UNIT RUMAH SAKIT JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH HARAPAN KITA

Budi Mulyana, Sonia Sonia, Anita Sukarno, Rian Adi Pamungkas, Erwin Erwin, Nunuy Nuraeni, Wiwik Wariani

Abstract


Abstrak

 Latar Bekalang: High Care Unit adalah ruangan perawatan yang ditujukan bagi pasien kritis. Tetapi pelayanan HCU dapat menyebabkan kecemasan keluarga. kecemasana keluarga menjadi potensi dalam mempengaruhi kepuasan keluarga. Dan kepuasan menjadi indikator kualitas pelayanan. Tujuan: untuk mengindentifikasi hubungan kecemasan keluarga dengan kepuasan keluarga pasien di HCU. Metode: Penelitian kuantitatif menggunakan metode analisis correlational dengan pendekatan cross sectional. Tehnik sampling menggunakan purposive sampling dan analisis menggunakan pearson test. Hasil: 30 keluarga didapatka denga purposive sampling. Mayoritas pasien berusia lansia awal dan berjenis kelamin laki-laki. Rerata lama perawatan pasien di HCU adalah 5-6 hari. Mayoritas keluarga pasien adalah perempuan yang berusia dewasa akhir. Pekerjaan keluarga adalah pegawai dan memiliki pendidikan sarjana. Rerata nilai kecemasan responden adalah 26.55 (kecemasan sedang). Rerata nilai kepuasan responden adalah 15.03 (puas). P-value sebesar 0.029 den nilai korelasi -0.344. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kecemasan dan kepuasan dimana semakin puas pasien maka kecemasan menurun.

Kata Kunci: HCU ,Penyakit Jantung, Kepuasan, Kecemasan


References


Aiyub A. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN YANG DIRAWAT DI UNIT PERAWATAN KRITIS. J Ilm Mhs Fak Keperawatan. 2018;3(3).

Alta Choironi G. Gambaran Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien di Ruang Perawatan Intensif RSUD dr. Haryoto Lumajang.

Annisa DF, Ifdil I. Konsep kecemasan (anxiety) pada lanjut usia (lansia). Konselor. 2016;5(2):93-99.

Alta Choironi G. Gambaran Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien di Ruang Perawatan Intensif RSUD dr. Haryoto Lumajang.

Astuti N, Sulastri Y. Tingkat kecemasan keluarga pasien saat menunggu anggota keluarga yang dirawat di ruang HCU rumah sakit islam ibnu sina pekanbaru. Phot J Sain dan Kesehat. 2012;2(2):53-55.

Badra IW, Susantie NLG. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Pada Pasien Yang Dirawat Di Ruangan Intensif Care Unit (HCU) Rsud Sele Be Solu Kota Sorong Tahun 2017. Nurs Arts. 2017;11(1):11-22.

Diferiansyah O, Septa T, Lisiswanti R. Gangguan cemas menyeluruh. J Medula. 2016;5(2):63-68.

Friedman MM, Bowden VR. Buku ajar keperawatan keluarga. In: EGC; 2010.

Hadiansyah T, Pragholapati A. Kecemasan Keluarga Dalam Merawat Klien Skizofrenia. J Keperawatan’Aisyiyah. 2020;7(1):25-29.

Hayat A. Kecemasan dan metode pengendaliannya. Khazanah J Stud Islam Dan Hum. 2017;12(1).

Harnilawati SK. Konsep Dan Proses Keperawatan Keluarga. Pustaka As Salam; 2013.

Hijriyah E. HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA ANGGOTA KELUARGA YANG DIRAWAT DI RUANG HIGH CARE UNIT (HCU) RSUD SULTAN IMANUDDIN PANGKALAN BUN. Hub Pengetah DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANGGOTA Kel YANG DI RAWAT DI RUANG HIGH CARE UNIT RSUD SULTAN IMANUDDIN PANGKALAN BUN. Published online 2020.

Idarahyuni E, Ratnasari W, Haryanto E. Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien di Ruang High Care Unit (HCU) RSAU dr. M Salamun Ciumbuleuit Bandung. J Kesehat Aeromedika. 2017;3(1):24-30.

Maqbulla MA, Pujo JL. Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Perawatan Pasien HCU di Instalasi Rawat Intensif RSUP DR. Kariadi Semarang. Published online 2014.

Riyanti SP. Hubungan Persepsi Keluarga Tentang Perawatan Di Ruang Intensif Dengan Kecemasan Pada Keluarga Pasien Di Ruang Intensif RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso. Published online 2019.

Rohana N, Mariyati M, Fatmah F. Hubungan Caring Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Di Ruang High Care Unit (HCU) RSUD dr. H Soewondo Kendal. In: Prosiding Seminar Nasional Widya Husada. ; 2019.

Saraswati KD, Ekwantini RD, Dewi SC. Perbandingan CPOT dan Comfort Scale sebagai Instrumen Nyeri Pasien yang Terpasang Ventilator di HCU RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Caring J Keperawatan. 2020;9(1):33-42.

Sugiyanto B. Pengaruh Konseling Spiritual Perawat Terhadap Tingkat Kecemasan pada Keluarga Pasien yang dirawat di Ruang HCU RSUD Sleman Yogyakarta. Naskah Publ. Published online 2014.

Sugimin S, Arum Pratiwi SK. Kecemasan Keluarga Pasien Di Ruang High Care Unit Rumah Sakit Umum Pusat Dokter Soeradji Tirtonegoro Klaten. Published online 2017.

Susilowati T. HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KECEMASAN KELUARGA PASIEN YANG TERPASANG VENTILASI MEKANIK DI RUANG HCU RUMAH SAKIT Dr. KARIADI SEMARANG. Published online 2018.

Yusuf ZK, Rahman A. Pengaruh Stimulasi Al-Qur’an Terhadap Glasgow Coma Scale Pasien Dengan Penurunan Kesadaran di Ruang HCU. Jambura Nurs J. 2019;1(1):44-47




DOI: https://doi.org/10.47007/ijnhs.v8i1.6485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.