Gambaran Tingkat Pengetahuan Kesiapsiagaan pada Mahasiswa Universitas Megarezky dalam Penanganan Bencana Kebakaran

Achmad Indra Awaluddin, Nusdin Nusdin

Abstract


Latar Belakang: Salah satu peristiwa yang mengancam kehidupan manusia adalah kebakaran, yang bisa disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor non-alam. Salah satu penyebabnya bisa karena ulah manusia, dan kebakaran ini mengakibatkan banyak korban jiwa yang dapat menimbulkan gangguan psikologis bagi para korban. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan kesiapsiagaan dalam penanganan kasus kebakaran pada mahasiswa Universitas Megarezky. Metode: Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu dengan mengetahui gambaran pengetahuan tentang kesiapsiagaan dalam penanganan kasus kebakaran pada mahasiswa Universitas Megarezky. Hasil: Dari jumlah responden sebanyak 136 orang, data dianalisis dengan menggunakan uji survey analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 101 orang memiliki tingkat pengetahuan baik, dengan persentase sebesar 74,3%, sedangkan 35 orang memiliki persepsi buruk, dengan persentase 25,7%. Kesimpulan: Dalam penelitian ini, sebagian besar mahasiswa Universitas Megarezky memiliki tingkat pengetahuan yang baik terhadap penanganan kasus kebakaran. Namun, disarankan untuk melakukan simulasi yang lebih fokus pada bencana kebakaran.


References


Arif, S. 2015. Studi Analisis Penanggulangan Kebakaran di Rsud. DR. M. Ashari Pemalang. (Skripsi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang).

Awaluddin, A. I., Sidin, A. I., & Mallongi, A. (2021). Determinant of Medication Administration Error Occurrence From Nurse Aspect At Haji Hospital Makassar. International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 4(5), 500-506.

Ayu, F., & Romadhoni, M. N. (2016) Hubungan Tingkat Pengetahuan Santri Dengan Tindakan Kesiapsiagaan Dalam Penanganan Bencana Kebakaran Di Pondok Pesantren AL-Fitrah Kedinding, Kota Surabaya. In Kesehatan Masyarakat Surabaya

Fitriyana, I., Ekawati, & Kurniawan, B. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Pada Aviation Security Terhadap Bahaya Kebakaran Di Terminal Bandara X. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 4(No.3),416-424.Retrived From http://ejournal-s1.undip.ac . id /index.php/jkm.

Imran, H. A. 2017. Peran Sampling dan Distribusi Data dalam Penelitian Komunitas Pendekatan Kuantitatif.Jurnal Studi Komnikasi dan Media, 21(1), 111-126.

Indra, M. N. 2017. Kerjasama Bantuan Laskar Kebakaran dengan Dinas Pemadam Kebakaran dalam Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran di Kota Makassar.(Skripsi, Ilmu Pemerintahan, Makassar).

Kaharap, N. G. 2020. Pelaksanaan Pengawasan Pemerintah Daerah Terhadap Perizinan Membakar Lahan di Desa Tumbang Nusa Kecematan Jamiran Raya Kabupaten Pulang Pisau. (Skripsi, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta).

Maarif, S., Rudy P., Rilus A. K., & Euis S. 2019. Kontestasi Pengetahuan dan Pemaknaan tentang Ancaman Bencana Alam.Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 3(1), 1-13.

Sufianto, H., Agung N., Muh. S. A. 2017. Perilaku Tanggap Kebakaran pada Bangunan Kampus.Jurnal Arsitektur dan Perkotaan (KORIDOR), 8(1).

Wahyuni, E., (2011). Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kesiapsiagaan Bencana Di SMAN1 Pariaman Sumatera Barat dan SMAN2 Depok Jawa Barat Tahun 2011 Depok

Wulandari. 2019. Manajemen Penanggulangan Kebakaran di Pekan Baru. JOMFISIP, 6, edisi 1.




DOI: https://doi.org/10.47007/ijnhs.v9i1.7532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.