The Implementation Of Asepsis Principle In The Central Surgery Installation Of St Antonius Pontianak’s Surgery Team

Maria Neliati, Monika Ginting, Yunus AP

Abstract


Latar belakang: Infeksi situs bedah (SSI) menyumbang 14-16% infeksi dan terjadi pada sekitar 5% pasien bedah. Penularan mikroorganisme dapat diminimalkan dengan teknik asepsis. Prosedur-prosedur asepsis sebelum tindakan bedah sangatlah penting untuk menjaga pasien dari pajanan mikroba, pencegahan dari Health Care Associated Infections (HAI). Tujuan: untuk mengidentifikasi pelaksanaan prinsip asepsis di kamar operasi Instalasi Bedah Sentral Rumah Sakit Santo Antonius Pontianak. Metode: Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua tim bedah yang berjumlah 33 orang, dengan menggunakan teknik total sampling. Pengamatan dilakukan saat petugas melakukan tindakan cuci tangan bedah, cara memakai jas dan sarung tangan dengan menggunakan lembar observasi SPO cuci tangan bedah dan SPO memakai jas operasi dan sarung tangan. Hasil: Menunjukkan  bahwa hampir seluruh responden yaitu  90,9% melakukan dengan baik saat mencuci tangan bedah, 97% melakukan dengan baik saat memakai jas operasi dan 90,9% melakukan dengan baik saat memakai sarung tangan. Kesimpulan: Tindakan asepsis yang meliputi scrubbing, gowning dan gloving sebagian besar dilakukan sesuai dengan prosedur, meskipun masih ada fase yang tidak sesuai dengan prosedur


Full Text:

PDF

References


Apriani, D. G. (2018). Pengaruh Manajemen Control Terhadap Penerapan Standar Gloving Di OK IGD RSUP Sanglah. Jurnal Keperawatan.

Bali, R. K. (2020). Operating Room Protocols and Infection Control. PubMed Central, pp. 173–194.

Baradero, M. (2019). Prinsip & Praktik Keperawatan Perioperatif. Jakarta: EGC.

Canton, S., Foley, C., & Donnellan, N. (2020). Development of Surgical Scrubbing, Gowning, and Gloving Checklist using the Delphi Method. MedEdPublis.

Apriani D.G. (2019). Tingkat Kepatuhan Tim Bedah Terhadap Prinsip Asepsis Di Ruangan OK IGD RSUP Sanglah Denpasar. Jurnal Keperawatan.

Handaya, A. Y., & Werdana, V. P. (2019). Adherence to preoperative hand hygiene and sterile gowning technique among consultant surgeons, surgical residents, and nurses: a pilot study at an academic medical center in Indonesia. PubMed.

HIPKABI. (2019). Buku Pelatihan Dasar-Dasar Keterampilan Bagi Perawat Kamar Bedah. Jakarta: HIPKABI Press.

HIPKABI. (2016). Workshop Standar Pelayanan Perioperatif di Kamar Bedah. Jakarta: HIPKABI Press.

Jong. (2017). Buku Ajar Ilmu Bedah Edisi 4 vol 3. Jakarta: EGC.

Salassa, T. E. (2014). Surgical Attire and the Operating Room: The Journal of Bone and Joint Surgery.

Shenoy, R. M., & Shenoy, A. (2023). Safe Surgical Practices and Asepsis. Archives of Medicine and Health Sciences, 38-45.

Yu, J. (2019). Evidence-based Sterility: The Evolving Role of Field. Wolters Kluwer Health, 1-7.




DOI: https://doi.org/10.47007/ijnhs.v9i1.7670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.