Pengaruh Edukasi Kesehatan Pencegahan dan Penanganan Jatuh Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pengasuh Panti Sosial Anak dan Balita Jakarta Timur
Abstract
Latar Belakang : Kecelakaan atau cidera yang sering terjadi pada anak adalah jatuh. Angka kejadian jatuh pada anak setiap tahun mengalami peningkatan dari kondisi pasien yang mengalami luka ringan sampai pada luka berat yang dapat berakibat vatal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Penting bagi pengasuh anak untuk mengetahui bagaimana pencegahan dan penanganan jatuh pada anak dan balita. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi kesehatan tentang pencegahan dan penanganan jatuh terhadap peningkatan pengetahuan Metode: Penelitian ini dengan desain penelitian One group, pretest-postest design. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan ada pengaruh edukasi kesehatan terhadap tingkat pengetahuan pengasuh tentang pencegahan dan penanganan jatuh dengan hasil p-value = 0,00 (<0,05). Kesimpulan : Pemberian informasi dalam bentuk edukasi kesehatan sangat efektif dalam meningkatkan pengetahuan responden.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anam, A. K., & Abiddin, A. H. (2021). Pengetahuan Orang Tua Terhadap Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Yang terjadi Pada Anak dan Balita. 1, 30–35.
Gusrianti, E., Yuliyana, R., Astuti, I. D., Sandra, Z. D., & Noviarti, D. (2022). Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Anak Toddler Yang Jatuh Di Wilayah Kerja Puskesmas Berakit 2021. Jurnal Ilmiah JKA (Jurnal Kesehatan Aeromedika), 8(2), 13–20. https://doi.org/10.58550/jka.v8i2.148
Harmiardillah, S., Kusbiantoro, D., & Dwi, S. (2020). Pengaruh Pemberian Edukasi Booklet Dengue Haemorrhagic Fever (DHF) terhadap Tingkat Pengetahuan Orang Tua. Journal of Health Care, 1(1), 1–6.
Kusumaningrum, B. R., Kartika, A. W., Ulya, I., Choiriyah, M., Ningsih, D. K., & Kartikasari, E. (2018). Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kegawatdaruratan di Sekolah Children Centre Brawijaya Smart School Malang. International Journal of Community Service Learning, 2(4), 309–314. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.14366
Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta
Riskesdas. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.
Salsa, N., & Nurul Fatwati, F. (2023). Pengaruh Pemberian Booklet Jatuh Terluka(Jatur) pada Guru SD Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Anak di SD UMP. Nursing Sciences Journal, 7(2), 55–62.
WHO. (2021). Falls. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/falls
DOI: https://doi.org/10.47007/ijnhs.v9i1.7729
Refbacks
- There are currently no refbacks.